Tongkol Suwir Kemangi

Posting Komentar

Hai cookealuv. Assalamu'alaikum.

Hari ini Cookeatta lagi pingin banget makan menu ikan, tapi bukan hanya enak, melainkan yang syedap. Kebetulan punya tongkol di kulkas. Buka gadget kok tetiba muncul menu tongkol suwir kemangi yang dibikin sama Teh Shanty-nya Kang Deni Cagur.

Pas banget, ya, apalagi ketika si teteh mukbang pake menu tongkol suwir kemangi plus nasi yang masih ngebul, duh jiwa laparku berontak, hehe. Si teteh yang satu ini memang paling bisa kalau bikin ngiler. 

Menu ikan di keluargaku terhitung jarang hadir. Tapi untuk ikan tongkol hampir seisi rumah suka. Apalagi kalau dimasaknya model tongkol suwir pedas plus dilengkapi daun kemangi. Hmm ... udah paling puol banget, deh. Bisa juga dilengkapi dengan lalapan terong muda.

Sebenarnya makan nasi cuma pakai menu ini saja sudah mantap banget, tapi kalau sumber proteinnya mau dilengkapi dengan protein nabati bisa juga, nih , ditambah lauknya dengan orek tempe manis, sambil nyeruput sayur asam segar.

Hadeeuh, tapi nampaknya ini tambah berbahaya, ya Cookealuv. Bisa nganan terus, nih. Haha ...

Tongkol Suwir Kemangi Selain Sedap juga Kaya Nutrisi

Selain enak dan nikmat tapi juga kaya nutrisi. Ikan tongkol merupakan jenis ikan laut yang mengandung banyak vitamin dan mineral serta omega 3. Dilansir dari hellosehat ikan tongkol adalah sejenis ikan tuna kecil memiliki dua warna daging, yaitu hitam dan putih.

tongkol suwir kemangi

Ikan tongkol oleh orang Amerika disebut juga sebagai mackarel tuna, karena masih satu keluarga. jadi jenis dari vitamin dalam ketiga ikan ini kurang lebihnya sama.

Ada kandungan kalori, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium yang cukup tinggi. Untuk itu dengan mengkonsumsi ikan tongkol berarti kita sudah berbuat adil pada tubuh kita. Mencukupi apa yang dia butuhkan.

Protein dalam ikan tongkol dapat membantu tubuh kita dalam meregenerasi sel-sel yangrusak, menjaga kesehatan elemen anggota tubuh seperti kuku, rambut, juga otot. Nah, makanya sering-sering konsumsi ikan, yaa. Ini reminder juga buat diriku sendiri.

Resep Tongkol Suwir Kemangi

Bahan-bahan yang dibutuhkan gampang banget ditemukan, bahkan di tukang sayur yang lewat depan rumah juga ada, kok, nggak perlu ke pasar.

Tongkol suwir kemangi ini sebenarnya bisa dibumbui dengan cara sesuai selera. Bisa dengan bubu balado,  bumbu sambal matah, bumbu sambal ijo.

Jadi untuk bahan-bahan yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Atau bisa juga difariasikan, ya, pekan ini bikin tongkol suwir balado, next tongkol suwir sambal matah, next lagi tongkol suwir cabe ijo dan seterusnya.

resep tongkol suwir

Kalau sekarang kita bikin tongkol suwir kaya yang aku buat aja, yuk. Biar samaan. Tongkol suwir Kemangi yang bumbunya sederhana. Ini, ya ... bahan-bahannya.

Bahan Tongkol Suwir Kemangi

  • 3 ekor tongkol ukuran sedang
  • 1 ikat kemangi
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus untuk Membuat Tongkol Suwir 

  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit orange
  • 1 buah tomat

Bumbu pewangi

  • 5 lembar daun Salam atau sesuai selera
  • 7 lembar daun jeruk iris atau sesuai selera
  • 3 batang serai iris tipis ambil bagian putihnya
  • Jahe, lengkuas, sesuai selera

Bumbu Perasa

  • 2 sdt terasi goreng atau bisa disesuaikan
  • 5 sdt gula pasir 
  • 3 sdt garam atau sesuai selera
  • 1 sdt penyedap rasa, bisa diskip
Bisa ditambahkan cabe rawit untuh sebagai pelengkap, biar tambah mantap rasanya. Bagi yang suka pedas penambahan cabai rawit bisa menambah selera. buat yang nggak suka pedas bisa dipakai sebahgai hiasan aja kali, yaa, hehe. Tapi kalo penasaran, bisa, lah digigit dikit-dikit.

Cara Memasak Tongkol Suwir Kemangi

  • Tumis bumbu halus, lalu masukkan bumbu pewangi salam, daun jeruk, lengkuas, jahe. Tumis sampai harum.
  • Masukkan ikan tongkol yang sudah disuwir, lalu aduk sampai rata dan bumbu membalut tongkol.
  • Tambahkan irisan serai. Aduk lagi sampai rata.
  • Tambahkan bumbu perasa, garam, gula, kaldu bubuk. masak terus sampai tongkol kering.

Bisa dilihat video cara membuatnya di bawah ini, ya,...


Tips Membuat Tongkol Suwir Kemangi

Ada beberapa tips yang biasa aku gunakan dalam membuat resep tongkol suwir, terutama dalam mengolah ikan tongkol agar tidak bau amis.

kali ini aku menggunakan tongkol pindang, kalau di daerahku sangat mudah ditemukan. Tongkol pindang dijual sudah dalam keadaan berasa asin dan sudah matang. proses membuat pindang ikan tongkol biasanya dikukus menggunakan aneka rempah.

Ketika aku membuat tongkol suwir ini aku tidak perlu mengukus tongkol terlebih dahulu, langsung disuwir kecil-kecil saja karena sudah matang.

Biasanya ada juga yang digoreng terlebih dahulu, untuk menghilangkan bau amis. Tapi kalau aku lebih suka langsung, supaya tekstur kenyal ikannya lebih kerasa. Proses pengeringan bisa dilakukan ketika dimasak bersama bumbu.

Jika teman-teman kesulitan menemukan tongkol pindang, bisa menggunakan tongkol segar. Berikut tips agar menghilangkan bau amis pada ikan tongkol.

tongkol suwir balado


Beberapa Tips menghilangkan Bau Amis Ikan Tongkol

  • Siangi ikan lalu cuci bersih. Lalu tiriskan.
  • Baluri ikan dengan jeruk nipis, jeruk lemon atau cuka bisa juga air asam jawa, beri garam. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah dimarinate selam 30 menit, bisa dikukus sampai matang.
  • Setelah hangat bisa langsung disuwir. Ukuran bisa disesuaikan dengan selera.

Nah gampang, kan. Kalau nggak ada pindang tongkol, Cookealuv masih bisa mencari alternatif lainnya. Malah lebih fresh ya, kalau pakai ikan segar.

Okay, deh, selamat berburu bahannya, dan bebikinan, yaa ..., semoga berkenan dengan resep tongkol suwir kemangi ala Cookeatta. Selamat mencoba. Eits by the way, jangan lupa masak nasi dulu yaa, colokin magic jar-nya, haha. 



cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar