Pisang Bakar Aroma, Legit Lumer di Mulut Bikin Jatuh Cinta

Pisang Bakar Aroma. Penyebutan yang saya sematkan untuk panganan manis yang terbuat dari pisang ini. Kali ini saya mencoba mereka-reka resep pisang bakar yang merupakan favorit saya. Biasanya untuk icip-icip pisang ini saya harus pergi ke cafe, tapi kali ini saya ingin membuat sendiri. Buat saya penganan dari olahan buah memang the best, pisang bakar aroma ini merupakan favorit saya juga selain prol tape tentunya.

Pisang bakar aroma

Inspirasi Pisang Bakar Aroma


Suka sekali sama pisang bakar ini. Berawal dari ngefans banget sama rasa pisang bakar di salah satu warung serabi (surabi) di daerah dekat rumah . Tepatnya di Pandeglang, salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Banten.

Sebuah cafe kecil yang menyediakan panganan kecil sebagai camilan, dari mulai serabi dengan aneka toping, roti bakar dan aneka minuman punch dan juice. Harganya yang murah meriah bikin saya lumayan sering mampir ke sini. Namanya warung Serabi Kedai Soerga.

Diantara beberapa menu yang disediakan, akhirnya jatuh cinta bangets sama pisang bakarnya. Lembut, lumer, gurih, pas bangets rasanya buat manjain lidah. Pisang bakar aroma ini jadi menu favorit  keluarga.

Punya Pisang? Bikin Pisang Bakar Aroma Aja!


Saking cintanya sama pisang, di rumah hampir selalu ada pisang, terutama pisang ketan. Rasa pisang ketan yang legit, pulen dan manis cocok banget di lidah saya. Sebelum mengenal dan utak atik resep pisang bakar aroma yang dijual di warung langganan, biasanya persediaan pisang ketan di rumah digoreng.

Sesekali dibakar namun dengan resep standart yang biasa kami buat. Resep simpel dan cepat. Bakar pakai mentega, angkat, taruh di piring, taburi keju, susu kental manis tambahkan meisis, coklat serut atau keju. langsung dinikmati.

Pisang bakar di Kedai Soerga, menurut saya spesial rasanya, ada sesuatu yang bikin dia istimewa, moist dan benar-benar lumernya ngikat banget di lidah.  Apa yang menjadikan spesial? Sempat mereka dan menebak, apakah gerangan sesuatu ituh??


Tebak-Tebakan Bahan Pisang Bakar Aroma yang Bikin Jatuh Cinta


Pendaratan pertama pisang bakar di lidah, saya coba mendeteksi rasa dan tekstur. Aroma karamel menyeruak di rongga mulut, sempat menerka satu element penyerta si pisang bakar yang bikin istimewa rasanya, melted dan terkesan mewah. 

Spontan terbayang pada cairan tepung yang bila dipanaskan akan mengental dan bertekstur lembut di lidah. Seperti dugaanku tak salah kalo element ajaib ini karamel yang diberi campuran maizena, karena rasanya manis dan sedikit kental, lembut di lidah. pokoknya sensasi rasanya bikin nagih.

Buat aku sih ini amazing banget rasanya, lumer di mulut, apalagi dipadu dengan gurihnya keju dan aroma meises dan juga pisang ketan yang matangnya pas. 

Pisang ketan yang matangnya pas, manisnya bagaikan madu, bukan cuma manis, tapi juga legit. sehingga mengeluarkan madu alami dari pisang, yang jika dibakar benar-benar yummy endulita. Kebayang ga, kira-kira rasanya? Asyik banget, kan ya. Legit, lumer.

Cookeats ga perlu ke pandeglang kalo penasaran dengan rasa pisang bakar aromanya Kedai Soerga Pandeglang. Bisa dicoba resep hasil kutak katik dapur Cookeatta. Dijamin bikin lagi, bikin lagi dan bikin terus.

Yuk Kita Coba Bikin Pisang Bakar Aroma


Setelah mereka-reka seuatu yang bikin penasaran ituh. Tibalah saatnya kita membuktikan kecurigaan menjadi sebuah kepastian, wkwkwk. Jangan lupa sipain dulu bahan-bahannya gengs. Percuma aja sudah serius mikir, tapi bahan ga tersedia, apa yang mau dibikin.😆

Bahan-bahanya sudah tersedia? Yuk kita mulai eksekusi!! Periksa dulu, ya, bahan-bahannya ini, nih:


Resep Pisang Bakar Aroma

By: Cokeatta

Bahan:

6 buah pisang Ketan  atau bisa sesuai dengan kebutuhan
 2 sdm m argarin atau butter untuk membakar pisang
Keju cheddar diparut sesuai selera
Meises atau coklat batangan diparut secukupnya.
Susu kental manis bisa putih atau coklat aku pakai yang coklat

Bahan saus karamel

2 sdm gula pasir
1 sdm margarin/butter
1 sdt Maizena dicairkan dengan 100 ml air
Sejumput vanilla aku pakai Larome vanila susu


Cara Membuat:

  • Panggang pisang yang telah dikupas dan agak dipenyet sedikit di atas teflon yang sudah diberikan mentega/butter.
  • Balik sisi pisang yang sudah kuning kecoklatan. Sisihkan. simpan di atas piring.
  • Untuk saus karamel. Masak gula dengan api kecil, biarkan mencair, lalu tambahkan cairan maizena dan vanila, biarkan sampai mendidih dan mengental sambil terus diaduk. Sisihkan.

pisang bakar aroma

Saran penyajian:

Susun pisang di atas piring. Siram dengan saus karamel. Taburi dengan parutan keju dan meisis atau coklat serut. Beri taburan susu kental manis. Siap dinikmatiii.

pisang bakar aroma


Taraaa....sudah jadii, gampang, kan buatnya. Pas banget buat teman ngeteh di sore hari, atau teman camilan bikin postingan artikel blog. Dijamin bikin naikin mood dan rangkaian katapun langsung mengalir deras, jari pun tak sabar ingin menari-nari di atas keyboard laptop 😀.

Pas banget juga jika disediakan buat orang tersayang. Buat ayah ibu, buat kakak atau adik, buat suami untuk yang sudah menikah, buat anak, untuk yang sudah punya anak. Cookeats bisa makin disayang, nih!

Yang perlu menjadi catatan

Rasa dari pisang bakar aroma ini sangat dipengaruhi oleh pemilihan bahan yang digunakan, baik baik kualitas bahan, maka rasa yang dihasilkan pun akan lebih spesial. Beberapa hal yang bisa menyebabkan perbedaan rasa diantaranya:

Penggunaan Butter/Margarin

Rasa dari pisang bakar aroma tergantung juga dari bahan yang digunakan. Jika Cookeats menggunakan Margarin dalam membuat pisang bakar aroma, pasti rasa dan aromanya akan berbeda jika menggunakan butter.

Butter akan menghasilkan penganan yang lebih harum, gurih dan lembut. Penggunaan margarin akan menghasilkan aroma dan rasa yang sedikit berbeda. Namun ini tidak urgent yaaa. Pisang bakar aroma ini bisa tetap sukses dengan menggunakan butter atau margarin, cuma aga sedikit beda aja.

Jenis Pisang

Begitu pula dalam penggunaan jenis pisang bisa mempengaruhi rasa, karena aroma dan tekstur setiap jenis pisang memiliki keunikan masing-masing. Pisang ketan menurutku paling pas untuk pembuatan pisang bakar aroma ini. 

Pilih pisang ketan yang matang pohon, maka rasa yang ditimbulkan akan benar-benar berbeda dengan pisang ketan yang hasil matang karbitan.

Kalaupun harus menggunakan pisang yang tak matang pohon, pilih pisang yang berukuran besar-besar. walau dibeli dalam keadaan mentah, ketika cookeats diamkan 2 sampai dengan 3 hari, pisang ini bisa matang dengan sendirinya, dan mengeluarkan rasa manis yang legit.

Vanila


Banyak jenis pengharum makanan vanila di pasaran. Beda merk juga beda wanginya. Beda wangi beda juga aroma yang dihasilkan pada penganan. Begitu pula dengan pisang bakar aroma ini.

Vanila yang saya gunakan dalam pembuatan makanan olahan pisang ini termasuk jenis vanila yang memiliki keharuman yang kuat, ada aroma susu di dalamnya, makanya Vanila Larome disebut sebagai vanila susu. dan menggoda.

Penambahan Vanila Larome dalam makanan olahan pisang ini menambah aroma pisang bakar jadi tambah wangi.

***

So,... resep simpelnya silahkan dicoba, yaa. Bahan yang digunakan bisa seadanya, ga usah terlalu repot nyari yang ga ada. Coba dulu, siapa tau kita punya penilaian yang berbeda dari setiap produk, kan, yaa!?

Selera lidah orang, kan, berbeda-beda. Jadi jangan cari yang susah, langsung aja eksekusi. Kalo perut lapar makan apa aja, sih jadi enaaaak. Met nyoba, yaaa. Happy cooking. Salam kuliner


 




cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar