Ini Dia Investasi Bagi Hasil Tiap Bulan yang Menguntungkan!

Posting Komentar
investasi bagi hasil tiap bulan

Apa sih investasi tiap bulan yang menguntungkan? Secara umum sangat banyak sekali. Kita bisa memilih apa yang cocok dan pas buat prinsip kita dan juga dana yang tersedia. O, iya jangan lupa memeriksa terlebih dahulu kriteria investasi yang kita pilih, jangan hanya mempertimbangkan keuntungan semata tetapi juga harus aman dan halal, supaya rezeki yang kita dapatkan menjadi berkah.

Menurut para pakar ekonomi, jika kita hendak berinvestasi harus mengerti ilmunya, karena jika tidak tahu ilmunya bukannya mendapatkan keuntungan malah jadi buntung. Ada beberapa jenis investasi yang bisa kita ambil. Nah, investasi apa yang cocok untuk para pecinta dunia kuliner? 

Cookealuv punya banyak pilihan yang bisa diambil dalam berinvestasi di dunia kuliner, agar uang yang ada di tangan bisa bertambah terus, sehingga bisa menutupi kebutuhan hidup yang utama plus ada budget lebih untuk healing tipis-tipis atau malah tebal sekalian, hehe.

Nah supaya wawasan kita terbuka tentang hal ini, mari kita bahas terlebih dahulu, apa saja jenis investasi yang ada, supaya nantinya kita bisa mempertimbangkan cara apa yang paling tepat dan aman untuk mendatangkan pasive income tambahan, agar memiliki investasi bagi hasil tiap bulan yang bisa bikin kita hidup tenang.

Jenis Investasi Bagi Hasil Tiap Bulan

Jenis investasi yang bisa mendapatkan hasil tiap bulan, tentu saja masuk dalam jenis investasi jangka pendek. Investasi jangka pendek merupakan investasi yang bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat. Sesingkat apa? Sesingat hari yang berjalan selama 24 jam, hehe. 

Maksudnya investasi jangka pendek merupakan investasi yang menguntungkan. Diharapkan keuntungannya jika beruntung bisa diperoleh meski dalam waktu satu hari, dalam artian dalam satu hari sudah bisa menghasilkan pemasukan.

Jumlah pemasukan atau keuntungan yang didapat bilangannya bisa sedikit atau bahkan banyak, sesuai dengan jenis investasi yang kita bidik dan kita lakoni serta profil resiko.

Kalau ada jenis investasi jangka pendek berarti ada jenis investasi jangka panjang, dong? Ya, betul. Jenis investasi jangka panjang biasanya baru terlihat hasilnya setelah beberapa waktu atau di atas 5 tahun. Investasi ini bisa berupa emas, property, tabungan deposito jangka panjang, saham, reksa dana dan juga surat obligasi.

Jenis investasi jangka panjang biasanya diniatkan untuk menyimpan dana yang dibutuhkan untuk masa depan, seperti dana pendidikan, dana kesehatan (meski kita semua pasti berharap memiliki stamina yang sehat selalu), dana membeli tempat tinggal dan lainnya.

Sedangkan jenis investasi jangka pendek bisa menghasilkan pemasukan dalam jangka waktu pendek mulai dari satu bulan hingga satu tahun. Investasi ini, merupakan cara membuat pasive income yang bisa dicairkan dalam waktu yang tak lama.

Apa itu pasive income? Pasive income merupakan istilah yang biasa digunakan dalam dunia wirausaha. Banyak orang yang mengejar pasive income demi mencapai kesejahteraan hidup, di samping  penghasilan tetap yang mereka punya. Pasive income biasanya diperoleh dengan aktivitas yang tidak terlalu banyak.

Investasi jangka pendek ini pas sekali untuk orang-ornag yang mengingnkan uang tambahan dalam waktu singkat, atau para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya dan membutuhkan dana segar tambahan.  Cocok juga sebagai investasi yang aman untuk pemula. Apa saja contoh investasi jangka pendek?

1. Deposito

Jenis investasi ini memiliki rentang waktu yang beragam, tergantung pilihan kita. Pihak Bank biasanya memberikan beragam pilihan waktu, dari mulai 1 bulan, 3 dan 6 bulan, dan juga satu tahun. Apa beda tabungan biasa dengan deposito?

 Deposito memiliki bagi hasil yang lebih besar prosentasenya dibandingkan dengan tabungan biasa, selain itu sistem pengambilan pun tidak bisa kapan saja, melainkan dengan betas waktu yang telah disepakati di awal.

 2. Reksa Dana

Reksa dana bisa masuk pada investasi jangka panjang maupun investasi jangka pendek, tergantung kesepakatan yang diambil di awal. Reksa dana merupakan perusahaan resmi yang bergerak di bidang perekonomian makro.

Para investor di reksa dana  tidak perlu pusing memikirkan perputaran bisnis di peruhaan yang dia pilih. perputaran uang diatur oleh manajer investasi. Investor tinggal menerima keuntunagn sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

3. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka ini bisa juga dipilih sebagai investasi jangka pendek, karena pengambilan serta jumlah nominal tabungan yang harus disetorkan bisa diatur sesuai kesepakatan di awal. Tabungan berjangka bisa dipilih di Bank yang terpercaya, meski tidak semua Bank menyediakan fasilitas tabungan berjangka ini.

4. Saham

Saham juga bisa masuk pada investasi jangka pendek dan jangka panjang, sesuai dengan term kesepakatan di awal. Bedanya pemilik saham dari sebuah perusahaan bisa ikut andil dalam memonitor jalan usaha yang sedang dikelola.

Saat ini kepemilikan saham pada sebuah perusahaan menurut bursa efek indonesia semakin ringan, 1 lot hanya berisi 100 surat saham saja. Artinya dengan dana yang tidak terlalu besar kita sudah bisa menanam saham di sebuah perusahaan. Karena di bawah tahun 2014, pemilik saham minimal harus memiliki 1 lot saham yang kala itu berisi 500 lembar urat saham.

Meskipun tentu saja harga per lot saham di setiap perusahaan pasti berbeda-beda. Kita bisa memilih perusahaan dengan harga per lot saham yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Makin besar dan makin bagus kredibilitas  sebuah perusahaan maka keuntungan akan semakin tinggi kita peroleh. Meskipun keadaaan tidak selalu stabil sesuai dengan keadaan perekonomian dunia.

investasi yang menguntungkan

5. Franchise

Nah investasi yang kelima ini sifatnya sangat fleksibel. Bagi pecinta dunia kuliner, bisa memilih usaha franchise di bidang F & B atau food and Beverages. Banyak sekali yang bisa kita pilih, dari mulai usaha minuman kemasan kekinian, ice cream, ayam goreng, pizza, burger dan aneka makanan yang sedang viral dari berbagai negara maupun makanan tradisional asli Indonesia semacam cireng, cimol, tempe mendoan, surabi dan yang lainnya.

Franchise makanan Korea seperti toppokki, Ramen, dan lainnya. Franchise makanan semacam corndog, sosis panggang dan aneka makanan instan lainnya, makanan jepang saat ini sedang viral dan sangat pas menjadi investasi yang aman untuk pemula.

Jangan salah, Cookeatta menjadi salah satu penggemar makanan jepang dan Korea seperti Toppokki, okonomiyaki dan lainnya. Jenis makanan dari mancanegara memang sedang banyak penggemarnya, apalagi makanan Jepang atau Korea, karena masih sama-sama satu asia, jadi memiliki rasa yang tidak terlalu berbeda, sehingga masih sangat bersahabat dengan lidah kita.

Gimana Cookieluv, tertarik untuk mencoba salah satu investasi di atas? Jika iya, jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa hal agar investasi bagi hasil yang diharapkan bisa menghasilkan tiap bulan dan menguntungkan.

Pertama tentukan tujuan dari investasi yang Cookieluv, tentukan pilihan jenis investasi yang tepat, perhatikan resiko yang akan didapat, mengerti strategi investasi yang dipilih dan mengerti cara kerja investasi yang dipilih. 

Nah, ada lagi investasi yang tidak membutuhkan modal yang besar, nih. Jika kalian punya modal 10 juta atau kurang dari itu, bisnis makanan kekinian dengan cara online juga bisa dilakukan. Jual snack 2000an juga merupakan investasi yang tepat untuk pemula.

Kesimpulan

Beberapa investasi di atas bisa dipertimbangakan sebagai cara untuk mendapatkan pasive income. Menanam saham, ikut peruntungan bisnis reksadana, buka deposito atau tabungan berjangka bisa menjadi pilihan investasi yang tepat untuk pemula.

Sebagai praktisi pendidikan anak usia dini yang biasa bergelut dengan masalah anak-anak, seringkali mendapatkan keluh kesah para orang tua tentang anak-anak yang sulit makan. 

Lantas kalau Cookealuv bertanya pada Cookeatta, jenis usaha apa yang akan Cookeatta ambil sebagai investasi bagi hasil tiap bulan, dalam artian yang bisa menghasilkan setiap bulan demi mendapatkan income bulanan bahkan harian? Jawabannya adalah ingin buka usaha frozen food hand made yang berkualitas dan sehat, biar anak bangsa tumbuh sehat dan kuat dan bisa makan makanan yang berkualitas. Aamin, doakan yaa. Salam investasi.

Referensi

https://bakrie.ac.id/articles/413-inilah-5-jenis-jenis-investasi-yang-wajib-diketahui-tertarik-coba.html#:~:text=Saat%20ini%2C%20bentuk%20investasi%20sudah,tanah%2C%20emas%2C%20hingga%20crypto. 

https://www.ocbc.id/id/article/2021/04/14/investasi-jangka-pendek

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40820#:~:text=Investasi%20jangka%20panjang%20merupakan%20investasi,yang%20dimiliki%20dan%20profil%20risiko.

https://www.ocbc.id/id/article/2021/08/23/1-lot-saham#:~:text=Sebelum%20tahun%202014%2C%20Bursa%20Efek,per%20lot%20tetap%20berbeda%2Dbeda.

https://www.bareksa.com/berita/sbn/2022-05-30/cara-mudah-dapat-passive-income-rp825-juta-per-bulan

cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar