Ide Bisnis Modal 1 juta ini, Cocok untuk Mahasiswa

24 komentar
usaha modal 1 juta untuk mahasiswa

Menurut orang bijak, bergeraklah!!! maka hati dan pikiranmu akan lebih jernih dari pada harus diam sepanjang hari. Yuk bergerak meski hanya punya uang segepok. Iya, segepok yang isinya cuma satu juta itu. Gimana caranya nih, biar jumlahnya bisa jadi berlipat? Jawabannya adalah bisnis!!

Usaha modal 1 juta untuk mahasiswa, emang ada? Ada, dong!! Cookeatta punya list beberapa ide bisnis yang terkait dengan kuliner yang bisa dijalankan dengan modal 1 juta, pas banget buat para mahasiswa dan juga pelajar yang ingin punya uang saku tambahan. Enak juga, kan ya, kalau punya uang saku tambahan, jadi kalau ada tugas bikin makalah, beli tambahan buku referensi nggak melulu harus minta dari orang tua. 

 Kasian kan ortu kalau terus menerus dibebani dengan keperluan kuliah atau sekolah, ya. Jadi mending kita bisnis kecil-kecilan yuk. Modalnya juga bisa kita kumpulkan sedikit-demi sedikit dari uang saku lho, atau kalau mau minta langsung dari ortu boleh juga, sih, nanti kalau sudah dapat keuntungan bisa dikembalikan, kan. So, apa saja nih, jenis usaha modal 1 juta untuk mahasiswa dan pelajar? Simak, yuk cerita dari cookeatta.


1. Jastip Makanan Usaha untuk Mahasiswa Kost

Dana 1 juta bisa dipake usaha apa sih? Salah satu usaha yang bisa kita coba dengan menggunakan modal 1 juta adalah usaha jastip atau jasa penitipan. Usaha ini lagi booming banget, nih sekarang. Apalagi buat mahasiswa yang sedang kuliah di kota besar. Pas mau pulang kampung bisa woro-woro dulu di grup keluarga atau teman zaman sekolah di menengah pertama, menengah atas atau bahkan teman sekolah sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Pas mau pulang kampung  bisa langsung dibuka, nih list pesanan. contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Di kota besar yang banyak tersedia kampus negeri seperti, Surabaya, Malang, Bandung, Solo, Jogjakarta dan kota besar lainnya, biasanya banyak bakery kue artis yang sedang viral. Masing-masing kota punya jenis kue viral yang berbeda. Nah, kue-kue ini bisasanya banyak diminati oleh kebanyakan orang. Pas banget dijadikan usaha untuk mahasiswa kos

usaha modal 1 juta untuk mahasiswa
Source by Instagram masing-masing cake artist

Untuk yang sedang kuliah di Malang bisa, lho buka jasa penitipan Strudel Malangnya punya Teuku Wisnu yang sampai sekarang masih banyak peminatnya. Yang kuliah di Bandung banyak banget kue-kue artis yang masih banyak peminatnya, seperti bandung Makuta punya Claudia Cintiya Bella, atau Kunafe punyanya Omes dan Bang Irfan Hakim. Ada juga Bandung Kanaya punya Mama Ami Qonita, mamanya Raffi Ahmad.

Kamu kuliah di Medan? Ada cake Napoleon punyanya Irwansyah. Bagi yang sedang kuliah di Makasar ada baklava makassar milik Irfan Hakim. Diantara kalian banyak juga yang kuliah di Jakarta? Nah kalau ini banyak banget seliweran barang-barang yang bisa dijadikan bisnis jastip. Untuk Perkuehan ada Vava Cake milik Titi Kamal. 

Untuk daerah Cirebon ada Cirebon kelana milik Ussy Prataa dan Sultana milik Indra Bekti. Ada Jogja Scrummy milik Dude Herlino dan bakpia kukus punya Baim Wong juga Mamahke Jogja punya Zaskia Adya Mecca. Nah untuk jajanan artis yang terakhir ini nggak pernah aku lewatkan kalau sedang mampir ke Jogja, selain rasanya ngangenin dan punya ciri khas, harganya juga terjangkau.
Nah bisnis jastip beberapa kue artis ini pas untuk ide usaha untuk mahasiswa kost.  

Perlancar usahanya dengan doa dan tawakkal. O, iya, para artis yang berbisnis kue viral ini juga bisa deijadikan sosok inspiratif dalam berbisnis. Mereka juga pantang menyerah untuk mencoba, lho. Dalam menjalankan bisnisnya tersebut para artis yang nota bene sudah memiliki penghasilan yang bombastis ini bukannya tanpa kendala. Semangat dan gigih dalam berusaha juga menjadi bagian dari perjuangan mereka agar usahanya bisa tetap eksis.

2. Usaha Makanan Viral

Zaman milenial gini biasanya anak mudanya pada malas ya, karena sudah terbiasa dengan yang instan-instan. Eits, siapa bilang. Banyak juga anak muda milenial yang kreatif, hasil karyanya juga memukau, begitu juga dengan usaha di bidang kuliner. Jujurly Cookeatta terkagum-kagum nih sama ide-idenya anak muda mangsa ayeuna.

Pernah lihat, kan panganan yang modelnya lucu-lucu dan menggemaskan? Nah, ini juga bisa dijadikan ide usaha kecil-kecilan untuk pemula. Beberapa diantaranya bisa dilihat di gambar ini ya. Ada donut mini aesthetic, trus beraneka sandwich dengan macam-macam isian, ada juga puding kekinian yang disajikan di dalam cup atau kue kukus yang dimodif tampilannya jadi lucu imut dan menggemaskan, sampai-sampai sayang kalau dimakan saking imutnya, jadi pingin dipandangin dan dijadiin pajangan aja.

usaha untuk mahasiswa kost
Source by Pinterest

Terus, cara cari tahu bikinnya gimana? gampang!! Sekarang kan zamannya ilmu banyak bertebaran di dunia maya. Kita bisa belajar bikin kue lewat  searching di youtube, instagram, tiktok, atau pinterest. Cari yang mudah dulu, terus pelajari satu persatu yang paling sreg dan yang paling diminati. Untuk tipe panganan yang mudah buatnya mungkin trial and errornya tidak akan terlalu memusingkan, bisa langsung cespleng malah.

Biasanya panganan yang lucu dan aesthetic seperti ini dijadikan hadiah ulang tahun, hari ibu, atau hari-hari spesial lainnya. Tapi tidak jarang juga memang dijadikan bahan kudapan ketika kumpul bareng teman, tidak harus untuk haris istimewa saja.

Membuat menu sarapan simpel juga lagi banyak dicari, nih, seperti sandwich atau burger. Mini brownies juga biasanya banyak yang cari. Aneka puding segar juga banyak peminatnya, buatnya pun mudah, untuk modal malah bisa under 1 juta. 

3. Jual Camilan Usaha untuk Pemula Modal Kecil 


Nah kalau ide bisnis yang ini pas sekali dijadikan usaha untuk pemula dengan moda kecil. Bentuk sajiannya bisa seperti inspirasi di bawah ini. Mau dibungkus simpel bisa, dibungkus aesthetic dan menarik juga bisa, bisa disesuaikan dengan target marketing.

bisnis online untuk mahasiswa
Source by Pinterest

Untuk kemasan dan label bisa dipesan di tempat custom box. Bisa langsung dipesan secara offline atau atau secara online. Di market place toko hijau atau orange biasanya juga banyak yang menyediakan fasilitas custom box beserta label.

Untuk isi camilan juga bisa beli langsung di grosir yang menyediakan aneka camilan atau bisa beli secara online di market place favorit Cookealuv. Ide camilan bisa beraneka macam, dari mulai keripik, kacang-kacangan, biskuit, permen, manisan dan lain-lain. Bisa dilengkapi juga dengan aneka minuman viral, pasti makin cucok

Sesuaikan dengan permintaan pasar, agar barang yang kita jual cepat laris. Nah, yang lagi banyak peminat sekarang ini adalah baso aci. Condiment-nya bisa kita beli di grosir. Bumbunya bisa kita racik sendiri, atau kalau mau beli pun sudah tersedia, tinggal pandai-pandai saja kita meramu kembali agar punya ciri khas rasa yang berbeda dengan yang lainnya. Jangan lupa sertakan jeruk limau dan sambalnya ya.

Tips dalam menjalankan bisnis ini, jangan lupa untuk memperbaharui terus aneka panganan yang kita jual agar para customer tidak bosan dan punya banyak pilihan, meskipun kita menyediakannya tidak sekaligus dalam satu kali kesempatan, namun panganan berganti bisa di lain hari ketika persediaan sudah habis. Pertahankan kualitas dan pelayanan agar customer selalu puas dan kembali belanja di tempat kita. Semoga ide usaha untuk pemula dengan modal kecil ini bisa menginspirasi. 

Selamat berbisnis, ya Cookealuv, semoga usahanya menguntungkan. Jangan lupa untuk menyisihkan keuntungan bagi orang yang membutuhkan, agar rezeki yang kita peroleh berkah dan menyehatkan jiwa serta raga kita. Keep Spirit.

cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

24 komentar

  1. yg nomor 1 menarik banget yaaa, sekarang dengan modal usaha 1 jt udah bisa jalanin usaha, untuk mahasiswa yg merantau di kampus2 seperti kota besar. Jualan yg hits atau makanan yg udah lejeeen kayak bakpia gitu.Idenya bisa langsung dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul kak, yang penting ada kemauan yaa, usaha dengan modal kecil juga banyak.

      Hapus
  2. Jual makanan viral emang menarik, tapi kaya musiman aja. Enak yang camilan, selalu dicari. Mahasiswa yang bisa usaha ginian, lumayan buat tambahan saku

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak, senang juga, kan ya bisa jualan sambi kuliah. dapat ilmu dapa uang juga.

      Hapus
  3. Suka banget sama kalimat penutupnya.
    Karena usaha ini membutuhkan kegigihan yang luar biasa dan pelayanan yang ramah, jadi kudu banyak-banyak bersabar dengan prosesnya.

    Paling suka beli di Ustadzahnya anak-anak yang beberapa masih kuliah, cokelat cokelat harga miring, padahal merk terkenal. Jadi dibungkus ulang dan rasanya memang enyaaakk bangeettt...

    BalasHapus
  4. Bagus banget ini artikelnya mak Nita. Kita aja yang ibu2 rumah tangga masih suka bingung dengan modal minim apa iya bisa bisnis? Ternyata seperti di contoh dengan uang 1 juta bisa usaha makanan, jastip dll. Makanan yang lagi viral atau beli makanan grosiran lalu dibungkus2 lagi ternyata laris banget. TFS.

    BalasHapus
  5. Kalau buka jastip gitu suka rawan dihutang nggak sih? Apalagi kalau sama temen sendiri yang biasanya malah menyepelekan. Tapi ya jiwa wirausaha tuh sebenarnya selalu ada aja buat yang memang suka, dikasih modal 1jt pun hayuuuk

    BalasHapus
  6. Bener banget ya, Mba, peluang usaha buat mahasiswa itu cukup banyak sebenarnya. Asal ada kemauan dan bekerja keras, pasti ada jalan. Mahasiswa juga bisa meringankan orang tua soal biaya kuliah kalau bisa berbisnis dan sukses punya usaha sendiri.

    BalasHapus
  7. Mbak aku jadi keinget masa2nya kue2 artis itu hehe. Alhamdulillah ternyata masih banyak usaha kue itu yang bertahan yaa.
    Wow ide jualan modal 1 jutaan kyknya sih gak cuma menarik buat mahasiswa aja nih, emak rumah tangga kek aku juga tertarik donk :D
    tapi emang seru sih jualan pas masa mahasiswa tu melatih mental yaa :D TFS

    BalasHapus
  8. Ya ampun, aku aja yang ibu-ibu kok ya mupeng sama bisnis ini sih heheeh. Mau ah, aku kasih info ke anakku yang mau lulus SMK. Siapa tahu pas kuliah dia tertarik bisnis ini, apalagi kalau dia lolos ke ISI Jogja, butuh tambahan biaya hidup dan harus belajar mandiri ya

    BalasHapus
  9. Menarik memang bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, apalagi kalau rajin ini bisa menjadi pemasukan yang lumayan banget untuk nambah-nambah jajan. Dulu waktu kuliah kalau aku jualan aksesoris yang hits di jamannya.

    BalasHapus
  10. Bisnis makanan itu long lasting ya mak. Bertahan lma soalnya kan kita butuh makan. Apalagi kalau yg dijual makanan enak dan harga terjangkau

    BalasHapus
  11. menarik nih usaha modal 1 juta untuk mahasiswa, lumayan bisa nambah uang jajan apalagi kalo ngekost ya tapi tentu harus pandai membagi waktu dengan baik

    BalasHapus
  12. Menarik nih jenis usaha yang dapat dicoba, tertarik nih dengan yang no 3, coba ta info ke ponakan deh yang lagi cari ide bisnis untuk nambah uang saku

    BalasHapus
  13. Selain mahasiswa, sepertinya ide bisnis makanan viral dan camilan, cocok untuk ibu rumah tangga juga deh. Itung-itung sambilan aktivitas di rumah. Tapi tentu saja butuh konsisten agar lebih menghasilkan. Terima kasih idenya, Mbak

    BalasHapus
  14. Menarik nih idenya. Nggak kepikiran yg isi ulang kemasan ini padahal banyak yg pakai cara ini

    BalasHapus
  15. Referensi sekali ini buat saya yang minim modal. 1 juta bisa buat modal usaha. Masya Allah

    BalasHapus
  16. Di antara kue kekinian milik artis, aku baru nyoba yang punya Nagita Slavina, Teh. Lupa lagi namanya. Pokoknya beli di Bekasi. Meskipun sudah nggak se-hype dulu, tetapi kue semacam ini masih punya penggemar setia, ya, jadi masih bisa jadi ide usaha jastipan.

    BalasHapus
  17. Jastip makanan nih kayaknya ide usaha yang lumayan ya. Apalagi modalnya juga kecil

    BalasHapus
  18. Sebagai orang yang merasa ngga bakat dagang, selalu merasa salut sama mahasiswa yang nyambi usaha. Dan bener perlu modal yang ga banyak ya buat mulai usaha. 1jt buat mahasiswa udh lumayan lho...

    BalasHapus
  19. Kadang untuk memulai usaha itu nggak perlu modal yang terlalu besar ya mba. Tapi soal kemauan dan tekad. Dengan modal yang nggak terlalu besar gini akan bisa jalan kalau punya mental yang kuat dan disertai doa.

    BalasHapus
  20. Wah, menarik banget Kak ide-ideny. Kyknya ini bisa dipraktikkan oleh IRT juga ya selain mahasiswa di rumah. Bisnis kue kecil-kecilan.

    BalasHapus
  21. Ide bisnis yang menarik niiih... Asalkan mau melihat trend yang sedang berjalan, adaaa aja ya celah bisnis yang bisa dimasuki.

    BalasHapus
  22. usaha cemilan dan makanan ini memang lumayan menjanjikan ya, mbak. di tempatku juga ada karyawan yang nyambi jadi marketer produk makanan gitu dan namanya ibu-ibu bekerja pasti ada aja yang beli

    BalasHapus

Posting Komentar