Brownies Sekat Viral Pakai Resep Fudgy Brownies, Gampang Banget

Posting Komentar

 Hai Cookealuv ...

Senin manis biar tambah manis kita makan yang manis-manis, yuk!! Kali ini Cokeatta mau share resep brownies yang lagi viral, nih! Atau malah sudah kelewat ya viralnya,...

Brownies sekat ini sering banget seliweran di beranda medsosnya cookeatta, tapi belum sempet bikin, walaupun kalau brownies lumer ini terbayang di depan mata, pingin banget, deh langsung mendaratkannya di lidah.

fudgy brownies

Kebayang lumernya, nyoklatnya, moist dan lembabnya, hhmm, yummy bangets. Fudgy brownies ini salah satu cake favoritnya Cookeatta. Jenis-jenis cake yang moist seperti prol tape mesti, deh bikin pingin nyomot terus.Walaupun agak takut juga sebenarnya timbangan jaadi makin nganan terus, haha.

Brownies sekat ini tak lain merupakan jenis brownies fudgy bukan yang brownies cakey. Resepnya pun menggunakan resep fudgy brownies. Apa sih brownies fudgy atau fudgy brownies. Trus apa bedanya dengan cakey brownies?

Fudgy Brownies Itu Apa, Sih?

Fudgy brownies adalah sejenis brownies yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Lemak berasal dari mentega, minyak dan juga coklat. Penggunaan tepung yang sangat sedikit, membuat fudgy brownies memiliki tekstur yang basah, lembab dan benar-benar lembut serta creamy. 

Takaran lemak biasanya dua kalilipat lebih banyak dibanding tepung. Untuk itu rasa dari fudgy brownies berbeda dengan cakey brownies yang cenderung lebih cakey  dan ringan meski tetap lembut dan nyoklat.

Nah, biasanya jenis brownies fudgy memiliki  shiny crust alias lapisan mengkilat pada tampilan permukaan kuenya. Ini yang bakal mempercantik. Meski untuk menampilkan shiny crust ini ada tips dan triknya, tetap bisa diikuti dan mudah banget, kok. So, ikuti terus ya, Cookealuv...

Bikin Fudgy Brownies Gampang atau Susah?

So, gampang nggak, sih bikinnya? Gampang banget! Bahkan untuk pemula dalam dunia perbaking-an pun dijamin deh nggak bakal gagal. Asaaaal, ikuti step by step-nya dan jangan ada yang diskip, yaa!

Cookeatta bakal kasih tips agar Cookealuv sukses ketika mencoba resep fudgy brownies ini. Rela, dong ngikutin step by ste-nya? Worthed banget, deh pokoknya. Perjuangan bikinnya akan sepadan dengan rasa yang dapat dari fudgy brownies ini.

Resep Fudgie Brownies

Nah berhubung akhir-akhir ini sedang viral bentuk fudgy brownies yang dibuat jadi brownies sekat dengan aneka topping yang lucu-lucu, kali ini bentuk fudgy brownies yang Cookeatta bikin jadi bentuk brownies sekat.

Cookealuv bisa bikin dengan gaya Cookeatta yaitu menggunakan loyang brownies sekat, atau bisa juga menggunakan loyang brownies biasa tanpa sekat. Bisa dipotong-potong sendiri aja sesuai selera. Tetap enak dan menggugah selera, kok.

fudgy brownies jakarta
fudgy brownies resep


Bahan Fudgie Brownies

Bahan 1:

  • 200 gram Dark Cooking Chocolate (DCC)
  • 75 ml minyak
  • 75 gram margarin/butter

Bahan 2:

  • 3 butir telur
  • 200 gram gula pasir halus
  • 1 sdt vanila
  • 1/2 sdt garam

Bahan 3

  • 100 gram terigu
  • 50 gram coklat bubuk

Bahan 4

Aneka topping sesuai selera

resep fudgy brownies premium


Cara Membuat Fudgy Brownies

Sebelum  mengolah bahan-bahan di atas, hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah menyiapkan loyang yang akan digunakan. Olesi loyang dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Jika menggunakan loyang brownies sekat, olesi alat sekat dengan margarin hingga rata. Lebihkan kertas roti sisi ujung kiri dan kanan sehingga keluar dari batas loyang, agar mudah ketika mengangkat fudgy brownies-nya. 

  1. Lelehkan bahan 1. Biarkan dalam suhu ruang.
  2. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius.
  3. Kocok bahan 2, hanya sampai gula larut dan telur sedikit pucat, jangan sampai mengembang. lalu tambahkan vanila dan garam, aduk hingga rata.
  4. Tambahkan bahan 1 yang sudah suhu ruang. Aduk hingga rata.
  5. Tambahkan bahan 3 sambil diayak agar tidak ada yang menggumpal. Aduk sampai rata.
  6. Tuang ke dalam loyang lalu ratakan.
  7. Hias dengan topping sesuai selera. Jika menggunakan loyang sekat, letakkan loyang sekat setelah adonan diratakan. 
  8. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan. 10 sampai 15 menit pertama menggunakan suhu 200 derajat celsius menggunakan api bawah dan atas. Turunkan suhu oven menjadi 160 sampai 175 derajat celsius. Lanjutkan memanggang hanya menggunakan api bawah selama 20 menit, atau sampai fudgy brownies matang. Bisa dengan tes tusuk. Jika alat tusuk sudah bersih artinya kue sudah matang.
resep fudgy brownies

Tips Membuat Fudgy Brownies Agar Sukses

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin sukses dalam membuat fudgy brownies. Apalagi jika ingin keluar shiny crust-nya. Hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

  • Masukkan adonan dalam keadaan oven sudah panas. panggang dengan suhu tinggi di awal.
  • Gunakan gula pasir halus, atau jika ada gula pasir kasar bisa diblender terlebih dahulu, agar mudah larut. Kocok telur dan gula sampai gula benar-benar larut. Ini yang akan membuat shiny crust muncul dengan cantik.
  • Masukkan lelehan coklat dalam keadaan hangat atau suhu ruang, tidak boleh dalam keadaan panas dan juga terlalu dingin serta keras.

Bismillah jika tips-tips membuat fudgy brownies di atas diikuti insyaallah aman damai terkendali dan juga sukses. Cookeatta pun sama, belajar mengikuti step by stepnya dan alhamdulillah berhasil, nih, gengs.

Nah biar lebih gampang dan jelas langkah cara pembuatannya, boleh yuk ditengok videonya.

Fudgy brownies ini cara bikinnya mudah banget, kan? ga perlu mixer dan nggak perlu ngocok sampai tangan jadi pegel. Tinggal kucek-kucek, jadi, deh. Rasanya juga bikin nagih, legit, moist dan manis. Juara banget. 

So, jangan ditunda-tunda, deh. Cuss langsung bikin, bahan fudgy brownies ini juga nyarinya gampang. Pas banget buat camilan krucils. Jangan lupa sikat gigi ya, biar gigi si kecil tetap cantik meski makan yang manis-manis.

Selamat mmencoba, Cookealuv








karena jenis fudgy brownies ini kalau bisa janagn dibalik, alagi jika membuat dengan model bownies sekat dengan aneka topping, bisa-bisa hancur, deh toppingnya, hehe.






cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar