Resep Nasi Goreng Kunyit Khas Sunda bikin Addicted

14 komentar

Sarapan apa pagi ini? Hari ini saya sarapan pakai nasi goreng kunyit yang ditambah madu sedikit bikin rasanya jadi tambah legit. Resep nasi goreng kunyit khas sunda ini bisa cookealuv sajikan untuk sarapan keluarga ataupun jam makan lainnya, sebagai pengganti resep nasi kuning lezat yang  bikinnya agak ribet.

Nasi Goreng Kunyit Khas Sunda Favorit Keluarga

Cokealuv juga pasti punya banyak jenis makanan khas fvorit yang dihidangkan khusus bagi keluarga tercinta di rumah, kan? Masing-masing pasti memiliki jenis panganan yang asyik dinikmati saat sarapan atau di jam makan lainnya.

Nah, kalo keluarga kecil saya, sarapan favorit adalah "nasi". Saking pinginnya sarapan pake nasi terus, terutama anak lanang yang nota bene doyan banget makan nasi goreng. Akhirnya panganan nasi  dibikin aneka model,  supaya tidak bosan. 

Kadang bikin nasi goreng kecap asin, aneka resep nasi goreng kampung, nasi goreng sosis, nasi goreng kunyit kencur, pernah juga mencoba resep nasi goreng Jawa dan resep nasi goreng Cina. Ada aja eksperimen bikin kreasi aneka resep nasi goreng simpel yang saya praktikan untuk keluarga tercintah.

Konon ada istilah dari mata turun ke hati dari hati turun ke perut, eh...bener ga ya istilahnya, hehe.

Walau terkadang sesekali kami selingi dengan sarapan berupa kreasi oat mel, roti atau bahkan hanya sekedar rebusan aneka sayur atau umbi-umbian, itupun kalo kesadaran hidup sehatnya sedang cukup tinggi, hehe. Namun, aneka olahan nasi tetap menjadi juaranya.

resep nasi kuning komplit

Sarapan pagi kali ini saya coba kreasikan nasi menjadi nasi goreng kunyit khas sunda, alias nasi goreng kampung yang rasanya endulita. Aroma kunyit plus dicampur cabai rawit yang agak banyak, bikin rasanya makin menggigigit, walau agak nyelekit, hihi.

Nasi goreng kunyit pedas menjadi favorit keluarga saya, bisa nambah berkali-kali kalo disajikan panganan ini.

Nasi goreng kunyit bisa juga dijadikan sebagai pengganti nasi kuning, namun dibikin simpel dalam cara pembuatannya. Lagi-lagi cari yang simpel dan ga mau ribet. Seperti halnya resep nasi goreng kencur pada postingan sebelumnya versi simpel dari nasi tutug oncom atau nasi bakar oncom.

Simpel dan ga ribet, itu adalah kunci kreasi hidangan yang saya suguhkan buat keluarga. Ssstt,...bukan apa-apa, kalo bikin masakan yang ribet-ribet takut ga kebagian waktu buat bikin postingan di blog. Apalagi sekarang lagi ikut OPREC ODOP, yang kudu nulis setoran saban dino alias tiap hari dan juga Blogspedia coaching yang tugasnya bikin merem melek, ga bisa nyenyak tidur, wkwkwk.

Nasi Goreng Pake Kunyit  Banyak Manfaatnya

Nasi goreng ini sengaja cookeatta tambahkan kunyit yang agak banyak, karena konon katanya kunyit banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Kalo kata orang tua zaman dulu, kunyit merupakan "obat gede" alias obat besar yang mujarab untuk berbagai penyakit. 

Kunyit banyak sekali manfaatnya. Diantaranya bisa mengobati luka gores, mengobati sakit magh, dan juga bisa mengobati gatal-gatal pada kulit.  

O, iya, bisa juga digunakan untuk mengobati daerah aerola ibu yang lecet akibat menyusui. Teringat waktu punya anak yang cikal,  saat itu ibu saya suka rajin bikin racikan ini untuk saya. kunyit diparut lalu dimasukkan dalam minyak kelapa murni, diaduk lalu dioleskan pada yang sakit.

Selain itu dilansir dari alo dokter, kunyit selain sebagai pelezat masakan bermanfaat juga untuk kesehatan jantung, mencegah kangker, mengurangi depresi, meringankan gangguan menstruasi.

Kandungan kukurmin pada kunyit, menjadikan kunyit sebagai rimpang yang memiliki banyak khasiat. Namun hati-hati dalam takaran penggunaannya. Jangan terlalu berlebihan! Karena dapat menyebabkan efek yang tidak baik juga bagi tubuh. 

Resep Nasi Goreng Kunyit Khas Sunda ala Cookeatta

Nasi goreng kunyit atau nasi goreng kuning merupakan jenis panganan yang banyak digemari kebanyakan orang, terutama orang-orang di daerah Sunda. 

Resep nasi goreng kunyit  lebih maknyus jika diberikan tambahan bawang putih yang cukup banyak di dalamnya. Aroma bawang putih yang berpadu dengan kunyit dan sensasi pedas, bikin memanjakan lidah.

Jangan lupa ditambahkan madu sebagi pengganti kecap, biar rasaya lebih mengikat. Nasi goreng kunyit khas sunda ini  bisa dijadikan fariasi resep nasi goreng tanpa kecap. Ada juga lho orang-orang yang tak menyenangi kecap. 

Yuk kita langsung coba bikin nasi goreng kunyit khas sunda favorit keluarga saya, berikut ini resepnya, ya.

pelengkap nasi kuning


Kita siapkan dulu bahan-bahanya.  Komposisi bahan bisa disesuaikan dengan selera aja, ya!

Resep Nasi Goreng Kunyit Khas Sunda
By: Cokeatta


Bahan Nasi Goreng Kunyit khas Sunda

  • 7 siung bawang putih ukuran besar
  • 5 siung bawang merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 3 ibu jari kunyit
  • 5 buah daun jeruk
  • 2 batang serai ambil yang berwarna putih bagian yang muda
  • Beri sedikit terasi jika suka.
  • 3 porsi nasi.
  • Garam penyedap dan 2 sdm  madu.
  • margarin plus minyak untuk menumis secukupnya.

Cara Memasak Nasi Goreng:

  • Haluskan semua bumbu, bisa diulek ataupun menggunakan choper.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum.
  • Lalu masukkan nasi, garam dan kaldu bubuk. Aduk hingga tercampur rata.
  • Tambahkan madu. aduk kembali sampai benar-benar tercampur.
  • Siap dihidangkan, alhamdulillah. 
resep nasi goreng khas sunda

Nah beginilah penampakannya! MasyaAllah tabarakallahu.  Nasi goreng kunyit ini bertambah legit ketika dicampur dengan madu. Selain lebih meyehatkan dibandingkan gula,  madu juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan stamina tubuh. 

Plus sayuran sebagai pelengkap menambah nutrisi dan menambah nikmat. Kebetulan masih ada persediaan ayam kuning dan cumi asin sebagai tambahan, juga dadar telur menambah meriah sajian ini.

Cookealuv bisa memberikan lauk pelengkap nasi kuning sesuai selera pada nasi goreng kunyit ini. Menggunakan lauk pelengkap nasi kuning pada umumnya juga pasti lebih nikmat seperti oreg tempe, telur dadar suwir, bihun goreng atau yang lainnya. 

Cookealuv bisa langsung coba sebagai sajian sarapan untuk keluarga, bumbunya gampang dan mudah. Resep nasi goreng kunyit khas Sunda ini bumbunya gampang dan banyak dijumpai, bahkan seringnya jadi stok bumbu tetap yang selalu ada di dapur. Betul, khan?!

Selamat mencoba. Bahagiamu bahagiaku juga. Salam sehat. Salam kuliner. Happy cooking.

cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

14 komentar

  1. Ya Allah pagi-pagi lihat ginian bikin ngiler dan laper euuyy, MasyaAllah. Pengen nyoba buat deh pankapan, save dulu ah!

    BalasHapus
  2. Belum pernah nyoba nasi goreng kunyit dan baru denger malahan mbak... tapi bisa dicoba karena stock bumbuku masih ada jadi aman

    BalasHapus
  3. Wah ternyata nasi goreng itu macem-macem ya Mba. Dari bahannya aja udah keliatan enak, apalgi rasanya... bikin pengen deh hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak, kak, rasanya bener2 makanan kampung gitu, indonesia banget.

      Hapus
  4. topingnya telor dadar to, tak kirain bala-bala mba...hehehe

    BalasHapus
  5. hihi...iya ini...kaya bala2 yaa...

    BalasHapus
  6. Penampakannya bikin ngiler, pingin segera eksekusi. Boleh juga besok sarapan nasi goreng kunyit (kenapa diriku selalu lemah dengan yang bertemakan makanan)

    BalasHapus
  7. Ak langsung penasaran unt meluncur ke resepnya mb...hihi...nt kpn2 coba bikin ah,k kok unik ini nasi goreng kunyit

    BalasHapus
  8. Aku sering makan nasi goreng kunyit, bukan khas Sunda tapi khas bapakku wkwk. Emang seenak itu nasi goreng kunyit. Mau minta request ke ayah aaah.

    BalasHapus
  9. Wah aku baru tau ada nasi goreng kunyit. Boleh dicoba ini mba. Kebetulan aku juga suka bgt nasi goreng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mba monggo, insyaAllahu langsung jatuh cinta.

      Hapus
  10. melihat gambarnya yang menarik jadi pingin segera sarapan nasi goreng ni saya

    BalasHapus

Posting Komentar