Resep Ayam Mentega Sederhana

Posting Komentar

Hai Cookealuv 

Kreasi hidangan dari olahan ayam plus kecap hadir lagiii. Aneka hidangan kecap memang selalu diminati. Rasa manis dan gurih yang ditimbulkan dari perpaduan selaras dua bahan ini bikin kita nggak bisa ke lain hati. Kali ini Cookeatta menyajikan ayam goreng mentega dengan resep sederhana namun rasa yang mewah. Hmm ... yummy, pastinya.

Biasanya aku buat resep ayam mentega yang berbeda sedikit dari resep kali ini.

resep ayam mentega saus tiram

Aneka Resep Ayam Mentega

Banyak jenis kreasi resep ayam mentega dari mulai menggunakan bumbu iris ataupun bumbu yang dihaluskan. Resep ayam mentega yang memiliki banyak fariasi campuran bumbu membuat hidangan ini menjadi tambah istimewa.

Campuran aneka saus dari yang sederhana sampai kumplit mewarnai resep ayam mentega. Nah, pada resep kali ini Cookeatta coba bikin resep ayam mentega sederhana dan ekonomis. Campuran saus yang digunakan tidak terlalu banyak jenisnya, tapi soal rasa tetap terkesan mewah.

Resep Ayam Mentega Sederhana

Nah, kali ini Cookeatta lagi lagi pingin banget makan ayam kecap, kebayang manis, gurih asem apalagi kalau pedas, ayam mentega kecap ini jadi tambah maknyus rasanya. 

Namun kali ini kita buat resep ayam mentega sederhana aja, ya Luv, kita pakai bumbu yang sederhana saja. Kita mulai, yuk bikinnya. Berikut ini aku spill resepnya, yaa ...

ayam mentega sederhana

Resep Ayam Mentega Sederhana

Bahan Marinasi Ayam Mentega

1 kg Ayam potong kecil-kecil

2 sendok makan air cuka atau air jeruk nipis

1 sendok teh kaldu bubuk

1 sendok makan kecap asin

5 sendok makan maizena

Bahan Bumbu Ayam Mentega

5 sendok makan kecap manis

3 sendok makan saus tiram

3 sendok makan kecap inggris

2 sendok makan saus tomat

2 sendok makan saus sambal

2 sendok makan margarin

1 sendok teh merica bubuk

5 siung bawang putih cincang kasar

1 buah bawang bombay iris

100 ml air

garam, gula, penyedap sesuai selera.

Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Sederhana

Marinate ayam yang telah dipotong kecil-kecil bersama bumbu. Aduk rata lalu biarkan sampai bumbu meresap kurang lebih 1 jam. Simpan dalam kulkas.

Setelah satu jam dan bumbu meresap goreng ayam dalam api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat tiriskan.

Tumis bawang putih cincang dalam minyak panas sampai kuning. 

Tambahkan margarin, diamkan hingga cair.

Masukkan bawang bombay, aduk rata sebentar jangan sampai layu, lalu masukkan bahan bumbu ayam mentega lainnya, aduk rata dan biarkan sampai berbuih.

Masukkan Ayam yang telah digoreng, lalu aduk rata sampai ayam terbalut bumbu, tambahkan air.

Biarkan sampai mendidih dan bumbu meresap. Siap disajikan

Tips Mengolah Resep Ayam Mentega Sederhana

Tips Mengolah Ayam 

Potong ayam kecil-kecil agar bumbu meresap sempurna. Penambahan maizena dalam proses marinasi bertujuan agar ayam tetap lembut dan juicy meski digoreng sampai kering. Goreng ayam sampai kecoklatan agar benar-benar garing. 

Jika ayam dimarinasi dalam kurun waktu sejam atau lebih, usahakan simpan dalam kulkas agar tidak bau. Jangan skip penambahan cuka atau air lemon. Zat acid selain untuk menghilangkan bau amis, juga membuat tekstur ayam menjadi lembut.

Tips Memasak Ayam Mentega

ketika menggoreng bawang putih gunakan api sedang, biarkan agak kuning jangan sampai coklat karena akan menimbulkan rasa pahit.

Ketika campuran saus dimasukkan biarkan sampai mendidih dan berbusa, karena hal ini akan membuat aroma kecap dan saus jadi semakin wangi.

Cara Menikmati Ayam Mentega Sederhana

Ayam mentega paling pas dinikmati bersama sayur capcay kering atau berkuah. Kedua masakan ini memang sama-sama  masakan China. Jadi wajar, ya, kalo cocok satu sama lain, hehe.

Ayam mentega dengan campran saus tiram ini juga pas dinikmati sebagai teman lauk nasi goreng kuning atau nasi goreng kencur. Bikin nasi goreng kuning jadi lebih nampol rasanya. Apalagi ditambah emping atau krupuk. Minumnya pakai es jeruk, hhmm ... semakin semangat dan kuat menghadapi kenyataan, hehe.

Yuk, deh hunting bahan, biar awal desember kita bisa indah. Makanan enak bisa bikin mood jadi enak. Good food for good mood. Cheers. Happy cooking.



 



cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar