Telur Dadar Kecap Super Spesial, Cobain, Yuk!

Posting Komentar

 Hai Cookealuv

Sarapan apa pagi ini? Sudah pernah coba buat telur dadar kecap? Pagi ini Cookeatta sarapan pakai telur dadar kecap. Hmm ... maknyus! Gurih manis pedas, jadi pingin nambah terus. Bagusnya, sih, disantap pakai nasi ya, karena kalau cuma digadoin gitu aja, bahaya! Dijamin telur 5 buah sendiri pun berasa kurang.

telur dadar kecap

Telur memang bahan yang harus dan wajib tersedia di rumah, kalau bisa setiap hari stoknya di rumah harus selalu ada. Selain kaya nutrisi, dimasak apapun telur, tuh, juara banget. Telur dadar disiram kecap maupun tanpa kecap tetap enak.

Meskipun hanya telur ceplok, juga tetap enak. Buat Cokeatta telur dimasak apapun tetap enak. Sering juga dimakan bersama roti tawar yang diolesi mayonaise dan saus. Buat Cookeatta sendiri memang lebih favorit didadar dibanding diceplok.

Kenapa bisa disebut telur dadar? Apa yang dibutuhkan untuk membuat telur dadar? Konon menurut Chef Wira penyebutan telur dadar hanya ada di Indonesia saja, sedangkan yang lain menyebutnya dengan sebutan omelet. 

Telur dadar adalah telur dikocok terlebih dahulu menggunakan senduk atau whisk sampai teraduk semua, kemuadian digoreng secara melebar. 

Ingin tahu cerita lebih lengkapnya tentang penamaan telur? Cookiealuv bisa cari tahu di artikel Asal mula disebut telur dadar.

Diperlakukan biasa saja telur sudah jadi makanan yang enak ya? Apalagi jika diperlakukan istimewa?Gimana kalau kali ini kita buat telur dadar jadi lebih istimewa? Resep telur kecap memang sangat familiar, baik telur ceplok kecap maupun telur dadar kecap.

Yuk kita buat telur  kecap. Jika Cookealuv suka didadar bisa didadar, namun jika ingin telur ceplok kecap juga, boleh aja, ya, bebas. Kali ini Hasil kreasi dapur Cookeatta adalah telur dadar ceplok,  dijamin bikin Cookealuv jadi ketagihan.

Resep Telur Dadar Kecap.


Bahan Telur Dadar Kecap

5 butir telur 

2 batang daun bawang

3 siung bawang putih

5 buah bawang merah

5 buah cabe rawit orange

1 buah tomat

Minyak dan margarin untuk menumis dan menggoreng telur

Bumbu Telur Dadar Kecap

5 sendok makan kecap manis

1 sendok makan kecap asin

2 sendok makan saus tiram

1 sendok makan kecap inggris

1/2 sendok teh merica bubuk

1 sendok teh minyak wijen

Air secukupnya

resep telur ceplok saus tiram

Cara Membuat Telur Dadar Kecap

Ada 2 cara yang dilakukan untuk membuat telur dadar. Pertama kocok telur dengan menambahkan sedikit garam atau penyedap sesuai selera. Tidak pakai juga tak mengapa

Cara 1: Dadar telur sedikit demi sedikit menggunakan minyak panas membentuk lingkaran.

Cara 2: Telur langsung didadar keseluruhan setelah matang lalu dipotong-potong.

Panaskan minyak dan margarin, lalu tumis bawang merah hingga layu, masukkan bawang putih dan bawang bombay lanjutkan hingga keduanya harum dan kuning kecoklatan. Tambahkan tomat dan aneka cabe-cabean, hehe. Aduk.

Masukkan bahan bumbu telur dadar kecap. Aduk rata, biarkan mendidih lalu matikan kompor.

Siap disajikan, deh telur kecapnya.


Nah gimana Cookealuv, kalau dilihat dari aneka bumbu yang digunakan, sudah pasti telur dadar kecap ini sangat istimewa rasanya, secara menggunakan saus tiram, saus inggris, minyak wijen.

Karena pakai telur dadar kecapnya pakai saus tiram menambah rasa lebih gurih. Saus tiram bisa ditambahkan juga pada telur ceplok. 

Ketika mendadar telur apakah harus pakai minyak? Kembali lagi ke selera masing-masing, ya. jika ingin lebih sedikit mengandung lemak, tentynya usahakan menggunakan sedikit minyak saja.

Cara Menikmati Telur Dadar Kecap

Bagaimana cara menikmati telur dadar kecap? Whooa kalau ditanya begini, sih, lancar banget jawabnya, haha. Pokoknya dimakan bagaimana saja enak tenan. Mau dimakan langsung enak banget. Dimakan pakai nasi pasti bikin kenyang.

telur  ceplok kecap viral

Telur dadar kecap saja dengan nasi sudah enak, nggak salah juga kalau dinikmati bareng sayur lodeh atau pun capcay kuah segar untuk melengkapi kebutuhan vitamin harian. Biar tabah sempurna lagi nutrisinya bisa ditambah  pelengkap protein nabati dari oseng tempe kering spesial. Hmm ... pokoknya bikin lupa diri.

Buruan yuk, masuk ke dapur, pasti punya persediaan telur, kan? Bumbunya bisa disesuaikan sesuai dengan persediaan di rumah ya, asal jangan diskip bahan utamanya, yaitu kecap, karena kalau nggak pakai kecap, bukan telur dadar kecap, dong, namanya, hehe. Happy cooking Cookealuv.




cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar