Legitnya Capcay Kuah Bikin nggak Sanggup Move On

Posting Komentar

 Whoaa capcay kuah jadi bintang selama beberapa hari ini di rumahku Cookealuv. Kanda Prabu request agar setiap hari dimasakin capcay kuah. Duh ... duh ... apa nggak bosan yaa? Beliaunya bilang sejauh ini belum merasa bosan, malah tambah ketagihan dengan kelegitan rasanya.

capcay kuah

Ungkapan yang diberikan Kanda Prabu tentu saja tidak langsung membuat Cookeatta merasa puas mengiyakan saja, Tapi  memutar otak untuk tetap mengkreasikan capcay kuah dengan kombinasi sayuran dan rasa yang berbeda-beda setiap harinya. 

Untung saja jenis sayuran capcay ini fleksibel dikreasikan rasa dan isinya, karena capcay jenisnya sangat variatif. Untuk sementara ini sayur lodeh dan sayur asem agak nyingkir dulu, deh.

Aneka jenis capcay yang aku tahu dan terkenal di masyarakat luas, semisal capcay goreng, capcay kuah dan capcay kering kucoba eksplore agar menu capcay kuah yang terhidang di rumah tidak membosankan. 

Asal Muasal Capcay

Capcay  merupakan masakan yang berisi aneka sayuran. Jika kita telaah sejarah Capcay, makanan ini berasal dari China dan konon tercipta sejak zaman Dinasti King. Sedangkan jika diartikan dari suku kata, Cap artinya sepuluh dan Cay artinya sayuran.

Ada juga kabar yang menyatakan bahwa capcay tercipta dari makanan para raja yang tersisa. Para koki kerajaan kala itu berinisiatif menciptakan masakan baru dari sisa makanan yang sayang sekali jika terbuang percuma.

Jika kita telaah etimologi capcay dengan bentuk masakan ini, tepat kiranya jika dalam capcay, baik capcay kering maupun capcay kuah banyak mengandung aneka sayuran, karena arti kata capcay sendiri bermakna sepuluh sayuran. Bisa diartikan sepuluh jenis sayuran terkumpuldalam satu wajan.

Para masyarakat kala itu konon biasanya membuat capcay menggunakan campuran aneka sayuran dengan jerohan. Saat ini campuran capcay dimodifikasi dengan aneka varian sumber protein.

Isi Capcay Kuah dan Capcay Kering

Saat ini capcay dimodifikasi dengan aneka protein sebagai pelengkap dan penyedap, seperti udang, daging, cumi, bakso, cikua, odeng dan aneka sumber protein lainnya, agar lebih kaya rasa.

Makin banyak jenis protein yang kita campurkan makin kaya rasa. Untuk jenis sayurannya pun sangat banyak variannya. Kol, sawi china, aneka jamur, wortel, buncis, jagung kecil atau lebih dikenal dengan soleng, brokoli,kembang kol dan aneka jenis sayuran lainnya.

Bumbu capcay apa saja, ya? Bumbu capcay kuah dan capcay kering biasanya sama, yang membedakan adalah penambahan air yang lebih banyak pada capcay kuah.

Aneka rempah sebagai pengaya rasa dicampurkan dalam capcay seperti aneka bawang-bawangan, merica, jahe, minyak zaitun dan berbagai macam saus seperti saus tomat, saus sambal, saus tiram, dan juga penguat rasa sebagai penambah kelezatan capcay.

Aneka Jenis Capcay Kuah

Capcay kuah konon terbagi juga menjadi beberapa aneka varian. Seperti capcay kuah kental, capcay kuah bening, capcay kuah merah, capcay kuah jawa, capcay kuah ala chinese food dan mungkin masih banyak lagi aneka jenis capcay kuah lainnya yang cookeatta belum temui.

Untuk jenis capcay kuah chinese food  bumbu-bumbunya banyak diwarnai dengan bumbu masakan khas China, seperti minyak wijen, angciu atau semacam arak-arakan, jahe dan lainnya. Tetapi untuk kaum Muslim tentu saja menghidari jenis bumbu yang berjenis arak-arakan.

Sedangkan untuk jenis capcay kuah yang lain biasanya bumbu dasarnya sama, cuma ada tambahan bumbu-bumbu tertentu yang membedakan penampakan serta rasa. Nah, capcay kuah ini yang euforia ketergantungannya sedang melanda di rumah Cookeatta. Kalau gitu, yuk, kita langsung bikin aja, capcay kuah ala cookeatta.

Resep Capcay Kuah

Berhubung Kanda Prabu lagi doyan banget sama menu capcay, makanya Cookeatta mencoba mengganti jenis capcay kuah setiap harinya. 

resep capcay kuah spesial

Diputar-putar terus aja gitu, hari ini capcay kuah bening, besok capcay kuah merah, besoknya capcay kuah chinese food, besoknya lagi capcay kuah jawa, besoknya lagi kembali ke capcay kuah hari pertama, dan seterusnya, hehe. O, iya, satu yang nggak berubah, rasanya harus tetap pedas, biar rasanya lebih joss.

Resep Dasar Capcay Kuah 

Bahan Bumbu Halus Capcay kuah

5 siung bawang putih

1 sendok teh merica butir atau bubuk

Bahan Bumbu Iris Capcay Kuah

1 buah bawang bombay

1 buah tomat merah ukuran besar

3 buah cabe rawit oranye

Bahan Saus/minyak Capcay Kuah

1 sendok makan saus tiram

2 sendok makan saus tomat

1 sendok teh minyak wijen

1 sendok makan margarin

1 sendok makan cooking oil

Bahan Sayuran Capcay Kuah

3 buah wortel uuran sedang iris miring

1/4 kg kol putih

1/4 kg sawi putih

3 kuntum jamur kuping

2 genggam pakchoy

2 batang daun bawang

kembang kol secukupnya

1 genggam buncis

Bahan Protein Capcay Kuah

3 buah telur kocok lepas

1 genggam cikua

Odeng secukupnya

2 buah sosisbesar

100 gr ayam dada filet 

Cara Membuat Capcay Kuah

Bahan Tambahan Capcay Kuah

Garam dan penyedap sesuai selera

2 sendok makan maizena

1 liter air

bumbu capcay apa saja

Cara Memasak Capcay Kuah

Panaskan minyak dan margarin, lalu masukkan telur kocok, aduk hingga membentuk orak arik namun jangan terlalu hancur. Sisihkan telur.

Tumis bumbu halus sampai harum, jika perlu tambahan minyak tambahkan secukupnya.

 Masukkan bumbu iris. Aduk sebentar.

Masukkan ayam filet aduk hingga berubah warna, lalu masukkan bahan protein lainnya. Termasuk telur.

Tambahkan aneka saus dan minyak.

Tambahkan air dan bumbu tambahan lainnya.

Masukkan sayuran keras seperti wortel, buncis dan jamur, biarkan mendidih dan sayur sedikit lunak.

Masukkan sayuran lunak, seperti kol, bunga kol, sawi putih aduk rata, lalu tambahkan cairan maizena. aduk rata, tambahkan daun bawang aduk. Matikan kompor. Jangan lupa sesuaikan rasa


Jadi, deh. Gampang, khan buatnya? Resep capcay kuah sederhana ini bisa dimodif sesuai selera. Untuk aneka sayuran bisa disesuaikan dengan selera, begitu juga campuran aneka proteinya, bisa ditambah bakso atau aneka seafood seperti cumi, udang atau kepiting.

Capcay kuah paling enak jika sayuran dimasak setengah matang, jadi ketika dimakan masih krenyes-krenyes. Sensasinya menyegarkan. Nah sesuai janji Cookeatta, aku sertakan juga, ya, aneka resep capcay kuah yang lainnya.

Capcay Kuah Merah

Untuk jenis capcay kuah ini, bahan yang digunakan sama saja seperti di atas,namun penambahan saus tomat lebih banyak. Bisa disertakan juga dengan tambahan saus sambal. Jika Cookealuv sukabisa juga ditambahkan dengan cabai merah yang dihaluskan ataupun cabai kering bubuk,jika suka pedas.

Capcay kuah Jawa

Untuk capcay kuah jawa, biasanya ditambahkan lebih banyak saus tiram dan juga kecap manis serta kecap asin. Bisa ditambahkan juga dengan saus raja rasa halal. Bahan yang lain kurang lebih sama.

Capcay Kuah Chinese Food

Capcay kuah chinese food aromanya memang kuat seperti masakan China lainnya. Aroma khas dari jahe, kecap asin dan minyak wijen lebih kuat. serta jangan lupa juga menaburkan bawang putih goreng ketika disajikan.


Selamat berkreasi dengan aneka capcay kuah. Nanti kabari aku ya, menurut Cookealuv, kreasi capcay kuah yang mana yang paling favorit. Kalo aku paling suka jenis capcay kuah merah kental yang ditambahkan perasan jeruk nipis. Hmm maknyus, dan segar.

O, iya, ada tips, nih, jujurly aku selalu menyediakan minyak bawang putih atau baceman bawang putih di rumah. Jadi lebih praktis ketika hendak memasak aneka hidangan tumis dan oseng.

capcay kuah kental

Tinggal cemplung dan oseng sebentar aneka masakan jadi lebihlezat, karena baceman bawang putih mengeluarkan aroma bawang putih yang lebih kuat.

Capcay kuah ini biasa aku makan begitu saja tanpa nasi atau lauk apa pun. Kandungan protein dan aneka sayur di dalamnya serasa cukup untuk memenuhi kebuhan kalori harian. 

Namun jika Cookealuv tetap harus memakan capcay kuah bersama nasi, bisa juga ditemani dengan oseng tempe kecap sebagai lauk tambahan, atau pun ayam goreng krispi agar selera makan lebih bergairah.

Jangan lupa juga sediakan emping atau kerupuk sebagai pelengkap. Duh dijamin pingin nambah terus, deh. Selamat mencoba membuat capcay kuah kesukaan. Semoga sukses. Good food for good moodHappy Cooking.


cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar