Tempe Orek Kering Spesial Bikin Nagih

Posting Komentar
tempe orek kering

Tempe...tempe...

Kalau sudah dengar teriakan si mamang tempe yang biasa lewat depan rumah, tapi jarang-jarang ini, berasa gimana, gitu. Bahagianya nggak ketulungan. Secara tempe yang cocok di lidahku dan keluarga, ya, cuma tempenya si mamang yang satu ini.

Entah kenapa, ya, rasa tempe, ko, bisa beda-beda, apa ada yang beda dari proses pembuatannya? Cookealuv ada yang Tahu kenapa?Sok, kasih masukan di kolom komentar, ya!

Ada yang aromanya agak asam, dan rasanya juga agak mengandung bau. Nah, tempe di langganan mamang yang satu ini, rasa tempenya, tuh gurih banget, bahkan kalau cuma digoreng pakai rendaman garam saja rasanya gurih dan sudah sangat enak.

Hari ini rencananya aku pingin bikin tempe orek kering tapi yang rasanya agak spesial, bukan seperti tempe orek yang biasa aku bikin. Ciee,...emang kaya, apa, sih, sampe dibilang spesial.

Nah, kenapa spesial? karena tempenya aku balur tepung dulu sebelum digoreng, selain itu biasanya aku buat tempe orek kering yang manisnya dari kecap saja, namun kali ini aku kasih tambahan saus tiram. Ini juga yang bikin jadi spesial. 

Cara potong tempe yang dibuat kecil dan tipis, bikin tempe juga masih ada sensasi kriuknya walau sudah dibalur bumbu. Untuk itu resep tempe orek kering kali ini aku bilang agak spesial namun tetap dengan budget sederhana.

Tempe orek kecap kering gini biasanya enak dinikmati dengan segarnya sayur asam atau bisa juga dinikmati dengan sayur lodeh yang olahannya tidak dicampur dengan tempe, biar ga tabrakan gitu, gengs. Bisa juga dinikmati sebagai pelengkap nasi goreng.

Kita langsung eksekusi saja, ya, resepnya. O, iya aku pakai 1 pack tempe yang harganya 5000 rupiah, lumayan besar, ukurannya jadi hasilnya pun lumayan banyak, cukuplah buat satu RK alias Rukun Keluarga.

Resep Orek Kering Spesial Bikin Nagih

tempe orek kering
Bisa dilihat pada gambar di atas ya,Cookealuv, bahannya sangat mudah. Untuk membuat tempe orek kering ini saya gunakan bahan-bahan seadanya yang biasanya memang tersedia di dapur kita.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Bahan 1:

1 pack Tempe potong kecil dan tipis

1 sdm minyak untuk menggoreng

1 sdm minyak wijen

2 sdm margarin

Bahan 2:

7 sdm tepung tapioka

3 sdm tepung terigu

Bahan 3

1 butir telur

100 ml susu

1 sdt kaldu bubuk

1/2 sdt merica bubuk

Bahan 4

5 Siung bawang merah

3 siung bawang putih

5 buah cabai hijau ukuran besar

1 buah bawang bombay

3 sdm saus tiram

5 sdm kecap manis

1 sdt kaldu bubuk

1/2 sdt lada bubuk

tempe orek kering

Cara Membuat Tempe Orek Kering

Ada dua cara untuk membuat tempe goreng tepung 

Cara Pertama

Bahan 2 dan bahan 3 dicampurkan lalu aduk rata, setelah itu masukkan tempe aduk rata dan siapdigoreng

Cara Kedua

Aduk bahan 3 sampai rata, lalu balurkan tempe

Campurkan bahan 2 lalu balur kembali tempe yang sudah dilumuri bahan 3 ke bahan 2,lalu siapdi goreng.

Setelah tempe selesai digoreng kita aduk dengan bumbu, yuk, biar jadi tempe orek kering yang rasanya spesial.

Seperti biasa, pertama-tama kita tumis dulu bawang putih dan bawang merah, sampai harum, lalu masukkan bawang bombay dan cabe hijau, tumis hingga layu, selanjutnya masukkan saus tiram dan kecap manis, aduk kembali, lalu masukkan tempe goreng tempung aduk hingga terbalut bumbu, lalu masukkan kembali sisa dari cabai hijau dan bawang bombay.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat jug, nih di video ilustrasi berikut. Selamat mencoba, ya.


Dijamin bakal ketagihan dengan racikan resep tempe orek kering manis ini, kalau bisa jangan lagi ditambahkan air dan garam, karena sudah ada rasa asind an gurih dari saus tiram dan kecap manis.

Tanpa tambahan air bikin tempe orek ini tetap kering dan kres tempe goreng tepungnya tetap kerasa. Selamat mencoba, dan happy cooking, Cookealuv.




cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar