Menyulap Keju Cheddar Menjadi Keju Edam Untuk Membuat Kue Kering

1 komentar

 menyulap keju cheddar menjadi keju edam



Bermacam jenis keju yang ada di pasaran tentunya memiliki fungsi yang disesuaikan untuk jenis makanan yang ada. Seperti halnya artikel yang hendak kita bahas pada postingan kali ini, yaitu menyulap atau merubah keju cheddar menjadi keju edam.

Sepenting itukah keju edam hingga ada tips mengubah keju cheddar menjadi keju edam? Begitulah dunia kuliner, selalu ada yang baru, selalu menginginkan kesempurnaan rasa. Keju cheddar lebih pas untuk jenis hidangan semacam cake proll tape keju, atau pun untuk dessert semacam pisang bakar aroma. Sedangkan keju edam pas digunakan untuk aneka cookies.

Manusia dibekali akal untuk berpikir oleh sang khaliq, tak lain adalah untuk menyempurnakan hidupnya, berbuat sebaik-baiknya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita mencoba menyuguhkan yang terbaik untuk memanjakan lidah, karena bukankah pada makanan yang bercita rasa bagus mampu membangkitkan perasaan yang bagus juga. Sesuai dengan semboyan blog ini "good food for good mood".

Keju edam dan keju cheddar sebenarnya sama-sama keju, rasanya juga mirip, namun kadar airnya yang membuat mereka berbeda. Kadar air keju cheddar lebih banyak dibanding dengan keju edam. untuk itu butuh trik untuk membuat keju cheddar mirip dengan keju edam.

Kenapa harus dikuragi kadar airnya? Hal ini penting untuk menciptakan kue kering yang rasanya renyah dan kres..kress ketika digigit. kebermanfaatannya dalam pembuatan kue kering seperti kastangel atau palm cheese cookies. Sehingga mampu menciptakan kue kering yang harganya ekonomis namun rasa premium. 

Kelebihan Keju Edam Dibanding Cheddar

Tekstur dan Rasa

Keju edam memiliki ciri bentuk yang kokoh namun bertekstur lembut. Teksturnya yang kokoh namun lembut ini ditengarai sangat pas untuk berbagai aneka masakan. Cocok digunakan untuk taburan roti dan juga diletakkan di dalam salad berupa potongan-potongan kecil. Salad yang ditambahkan  keju edam akan meningkat cita rasanya. Dari segi rasa keju edam memiliki cita rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan keju cheddar.

Kandungan Nutrisi

Nutrisi dalam keju edam lebih unggul dibanding keju cheddar.  Keju edam bagus untuk yang sedang menjalani diet, karena mengandung rendah lemak hingga 28 % per 100gr nya dbandingkan dengan keju cheddar, selain itu keju edam ini bernutrisi tinggi, kandungan proteinnya lebih tinggi dibanding keju cheddar sebanyak 25 %.

Kegunaan Keju Edam

Keju edam memiliki kelebihan dibanding keju cheddar diantaranya yaitu sangat baik digunakan untuk membuat aneka kue kering yang berbahan dasar keju. kenapa? Karena kandungan air di dalam keju edam lebih sedikit dibanding dengan keju cheddar. Faktor ini yang menyebabkan edam lebih dipilih sebagai bahan dasar pembuatan kue kering dibanding keju cheddar.

Kue kering yang menggunakan bahan dasar keju edam memilki tekstur yang lebih renyah serta gurih. Hal ini menyebabkan kue kering berbahan dasar keju edam menjadi lebih istimewa. Selain digunakan sebagai bahan dasar kue kering, keju edam juga sangat lezat ditambahkan dalam aneka panganan.

aneka keju


Menyulap Keju Cheddar Menjadi Keju Edam

Spesial dalam pembuatan kue kering yang idealnya memiliki tekstur yang renyah, umumnya keju edam menjadi pilihan utama. Penggunaan keju edam dalam kue kering menjadikan kue kering bercitarasa istimewa. Namun karena keju edam memiliki harga lebih mahal dibanding keju Cheddar, bahkan sampai berlipat. Kisaran harga keju edam merk biasa berada di antara 25.000 sampai 35.000 rupiah per 100 gr sedangkan keju cheddar dikisaran harga 5000 sampai 10.000 per 100 gr nya, tergantung merek.

Perbedaan harga yang cukup jauh, menggelitik para master untuk melakukan trial and error dalam menyiasati penggunaan bahan pangan ini pada kue kering, agar kue kering ekonomis pun berasa seperti kue kering premium. Kita bisa menyulap keju cheddar menjadi keju edam melalui beberapa trik. Walau tidak terlalu sama, namun mirip. Kue kering tetap renyah teksturnya dengan mengganti keju edam dengan keju cheddar.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merubah keju cheddar menjadi keju edam dari sisi kandungan air, karena kue kering lebih baik menghindari kandungan air yang berlebih di tiap bahannya agar menghasilkan kue kering yang renyah. Sahabat kuliner bisa memilih sesuai dengan yang disenangi dan mudah diaplikasikan tentang merubah keju cheddar enjadi keju edam ini. Beberapa cara tersebut diantaranya:

1. Simpan di bawah kipas angin

Parut keju cheddar lalu simpan di atas nampan atau wadah yang berbidang luas. Sebarkan keju dan simpan di bawah kipas angin.

2. Menjemur Di Bawah Terik Matahari

Lakukan hal yang sama terhadap keju cheddar namun cara kedua ini bisa dengan menjemurnya di bawah terik matahari, biasanya membutuhkan waktu kisaran 1 sampaidengan 2 jam.

3. Keringkan Di Kulkas

Cara ketiga masih sama untuk perlakuan kejunya, diparut dan di simpan di atas nampan, lalu masukkan ke kulkas dalam keadaan terbuka, diamkan selama 2 hari.

4. Menggunakan Oven

Lakukan hal yang sama namun cara ke empat ini bisa dioven menggunakan api atas bawah sampai kuning kecoklatan. 


Trik di atas bisa kita coba untuk menyulap atau mengubah keju cheddar mirip dengan keju edam dalam hal kadar airnya. Hasilnya bisa digunakan terutama untuk anekakue kering yang membutuhkan campuran keju. Sekali lagi tujuannya untuk mengurangi kadar air dalam keju  cheddar, sehingga ketika digunakan sebagai campurang pada adonan kue kering terutama kastangel, hasilnya akan renyah dan mantul. selamat mencoba. Salam kuliner.

cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!
Lebih baru Terlama

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar