Usaha Kopi Bubuk Rumahan Bisnis Bermasa Depan Cerah

Posting Komentar
usaha kopi bubuk rumahan

Bicara masalah kopi sepertinya tidak akan pernah bosan. Buah yang menghasilkan minuman nikmat yang satu ini selalu memiliki penggemar dari berbagai kalangan, bahkan anak kecil juga menyukai kopi. Untuk itu membuka usaha kopi di manapun rasanya tidak ada salahnya bahkan sangat menguntungkan, termasuk usaha kopi bubuk rumahan juga kini banyak dilirik.

Hasil analisa usaha kopi bubuk rumahan tidak kalah booming dengan usaha kopi cafe-an. Malah banyak usaha kopi cafe-an mengambil bahan baku dari usaha kopi bubuk rumahan. Minuman yang memiliki keharuman ini memang memiliki kelasnya masing-masing. Usaha kopi bubuk rumahan bisa dijadikan alternatif ide usaha rumahan yang perlu dicoba.

Apa sih sebenarnya kopi bubuk itu? Kopi bubuk adalah bubuk asli kopi yang diperoleh dari hasil penyanggraian dari buah kopi asli. Proses dari buah menjadi kopi bubuk lumayan panjang. Biji kopi setelah dipetik dari pohonnya dikeringkan, lalu ditumbuk dan dipisahkan antara kulit dengan buahnya.

Bagaimana proses pembuatan kopi selanjutnya? Buah yang telah dipisahkan lalu disangrai sampai harum setelah itu dihaluskan. Lama proses penyanggraian tergantung dari jenis kopi dan selera masing-masing produsen hendak menyuguhkan kopi di kelas yang bagaimana.

Sedikit paham tentang proses pembuatan kopi, karena kebetulan nenekku adalah seorang wanita tangguh yang memilih memproses kopi sendiri untuk disuguhkan sebagai minuman rumah favorit keluarga.

Meskipun nenekku seorang abdi negara tapi beliau tidak melupakan fitrahnya sebagai seorang wanita. Salut sekali dan aku begitu mengagumi sosoknya. Sebidang tanah di belakang rumah yang dimanfaatkan semaksimal mungkin ini, salah satu pemanfaatannya adalah dengan ditanami pohon kopi.

Lumayan, meski tidak terlalu luas, tapi nenekku bisa mendapatkan untung dari beberapa pohon kopi yang dimilikinya. Hasil panen bisa dimanfaatkan untuk memuaskan selera keluarga dan juga bisa dijual. Cara memasarkan kopi bubuk buatan nenekku ini biasanya dijual langsung ke toko-toko besar yang ada di pasar kota.

Cara memasarkan kopi yang lainnya adalah dijual masih dalam bentuk buah kopi segar ke produsen kopi yang lebih besar yang ada di pasar Rangkas bitung. Untuk itu Rangkas bitung terkenal dengan kopi bubuk asli yang memiliki cita rasa yang khas.

analisa usaha kopi bubuk rumahan

Mengingat Indonesia adalah negara penghasil kopi, usaha kopi di Indonesia termasuk jenis usaha yang memiliki prospek cerah. Para peminat kopi di Indonesia makin tahun makin meningkat, seperti yang disuguhkan oleh data International Coffe Organization (ICO) bahwa penikmat kopi di Indonesia menduduki peringkat ke lima di dunia dengan pencapaian rekor terbesarnya di tahun 2020/2021.

Untuk itu jika ditanya apakah bisnis kopi masih menguntungkan untuk saat ini, tentu saja kita sepakat bahwa masih sangat memiliki prospek yang cerah. Aku pribadi adalah penggemar kopi, meski tidak terlalu sering juga mengkonsumsi kopi, namun sesekali untuk menyegarkan pikiran dan menaikkan mood, rasa-rasanya kopi bisa jadi obat mujarab.

Modal usaha kopi bubuk rumahan tergantung besar atau tidaknya produksi kopi yang dihasilkan. Selain itu modal usaha kopi bubuk rumahan juga tergantung pada penggunaan alat produksi. Makin besar kapasitas produksi membutuhkan mesin yang makin besar, tentu saja membutuhkan modal yang lebih besar juga.

Jika kita mau belajar  usaha kopi bubuk rumahan secara kecil-kecilan, kita bisa memulai dengan cara manual dalam mengolah biji kopi. Konon cara manual dalam memproses biji kopi menjadi kopi bubuk menyebabkan cita rasa kopi masih sangat tinggi. Keharuman dan kelegitannya belum banyak hilang karena tergerus gilingan mesin. Selain itu perlu dipikirkan juga cara memasarkan kopi bubuk yang tepat.

Tips Menjalankan Usaha kopi Bubuk Rumahan

Jika Cookealuv hendak mencoba menjalankan usaha kopi bubuk rumahan beberapa tips sederhana yang saya kutip dari beberapa referensi di bawah ini bisa dijadikan pegangan untuk mencoba memulai usaha kopi bubuk rumahan. Tentu saja setelah mempertimbangkan target yang akan dituju sudah sesuai sasaran atau belum. Beberapa tips di bawah ini bisa dicoba:

1. Melakukan Analisa Usaha Kopi Bubuk Rumahan

Ketika hendak memulai usaha kopi bubuk rumahan hendaknya melakukan analisa usaha kopi bubuk rumahan dulu sebelumnya. Apakah Ada tempat untuk pemasaran di daerah tempat tinggal, atau perlu survei terlebih dahulu akan dipasarkan ke mana.

Cara memasarkan kopi bubuk seperti apa yang akan diambil. Hanya ingin memasarkan bentuk kopi bubuk saja, atau ingin sekalian membuka tempat tongkrongan yang menyediakan sajian kopi meski hanya di rumah. Ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

2. Mencari Bahan Biji Kopi Berkualitas

Jika ingin menjadi agen kopi bubuk, hendaknya bisa memiliki akses pada petani kopi. Pilih biji kopi yang berkualitas jika ingin menghasilkan kopi bubuk yang berkualitas yang menghasilkan rasa serta keharuman yang legit dan nikmat.

Biji kopi yang bisa menghasilkan kualitas kopi yang bagus biasanya biji kopi yang sudah benar-benar matang kulitnya berwarna merah, jika dihisap terasa manis. Kulit biji kopi benar-benar mulus tidak terkena hama atau terdapat bercak hitam yang mengotori.

Para pengusaha kopi bubuk sukses biasanya tidak main-main dalam memilih biji kopi berkualitas ini. Jika kita mendapatkan biji kopi yang tercampur antara yang sudah matang sekali atau masih agak muda, kita bisa melakukan penyortiran antara biji kopi yang bagus dengan yang kualitasnya di bawah standar.

Untuk biji kopi bagus bisa dijual dengan bandrol jenis kopi grade A, dan biji kopi kualitas di bawahnya bisa di bandrol dengan jenis kopi grade B. Tentu saja dari segi harga pun berbeda. Para pengusaha kopi bubuk sukses biasanya melakukan cara ini agar biji kopi bisa terjual semua. Cara memasarkan kopi bubuk yang bisa kita tiru dan harus jeli melihat peluang ini jika ingin mengikuti jejak para pengusaha kopi bubuk sukses.


cara memasarkan kopi bubuk

3. Pengemasan yang Menarik

Selain kualitas rasa yang diperhatikan, dari sisi kemasan pun jangan diabaikan. Biasanya para konsumen juga mempertimbangkan bentuk packing. Packing yang menarik mengundang konsumen untuk berani ambil dan penasaran dengan produk di dalamnya. Pilih desain kekinian mengikuti selera pasar.

Jangan lupa juga menyediakan packing beberapa ukuran, agar konsumen bisa memiliki banyak pilihan. Untuk para pelanggan yang sudah terbiasa membeli biasanya berani membeli dalam kemasan besar, untuk para calon pelanggan baru tentu akan memilih packing kecil karena hendak mencoba terlebih dahulu tentunya.

4. Cara Memasarkan Kopi Bubuk

Cara memasarkan kopi bubuk bisa lewat online maupun offline. Bisa membuka toko di marketplace oranget atau pun hijau, atau bisa membuka chanel instagram sendiri. Bisa juga lewat teman dekat serta saudara.

Jangan lupa untuk membuat sample icip-icip buat para calon pelanggan agar mereka memiliki gambaran rasa tentang kopi yang kita jual.


Okey Cookealuv, demikianlah tips sederhana tentang usaha kopi bubuk rumahan dari Cookeatta, semoga bisa memberikan gambaran sederhana bagi yang ingin mencoba usaha kopi. Semoga bisa berkembang dan menjadi pengusaha kopi bubuk sukses. Tentang modal usaha kopi bubuk yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan budget dan target pasar. Selamat berbisnis sesuai minat. Sukses terus.

cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar