Lakukan Tips Membangun usaha kue kering untuk pemula Ini. Bikin Untung!

Posting Komentar
usaha kue kering untuk pemula

Bulan Ramadhan sebentar lagi hadir di tengah-tengah kita. Biasanya jika sudah bertemu dengan bulan ini, banyak diantara kita yang sudah mulai juga memikirkan hidangan dan sajian untuk lebaran. Mulai dari hidangan utama sampai dengan sajian kue-kue.

Berbagai macam penawaran produk pelengkap lebaran juga sudah mulai dijajakan. Seperti aku saat ini sudah mulai memesan kue kering pada salah satu teman yang terhitung sangat dekat. Kami pernah sama-sama merantau di negeri Oshin dalam rangka menemani suami mencari ilmu.

Usaha kue keringnya sudah terbilang sangat maju pesat. Untuk itu jauh-jauh hari dia sudah mulai open PO. Ingin juga sebenarnya belajar dari temanku yang satu ini tentang usaha kue kering untuk pemula. Bagaimana langkah-langkah memulai bisnis kue kering ini. Mungkin harus menyempatkan diri untuk datang ke Bogor, ya!?

Kue kering biasanya menjadi sajian andalan di saat lebaran tiba. Untuk itu usaha kue kering menjadi menjamur di mana-mana. Inilah yang bisa dijadikan salah satu alasan memilih usaha kue kering. Siapa tahu Cookealuv minat untuk berbisnis kue kering, kita bisa sama-sama belajar, nih untuk mencari tahu langkah-langkah memulai bisnis kue kering dan apa saja yang harus dipelajari untuk membuka usaha kue kering untuk pemula.

Tips Membuka Usaha Kue Kering untuk Pemula

Usaha kue kering rumahan kini terhitung banyak peminatnya, ini yang menjadi salah satu alasan memilih usaha kue kering. Ketika memasuki bulan perayaan-perayaan besar, seperti idul fitri, tahun baru, hari raya natal dan juga tahun baru imlek atau perayaan besar lainnya, permintaan kue kering akan melonjak berkali lipat, dibanding di bulan lainnya.

Untuk itu usaha kue kering rumahan sangat bisa dijadikan bisnis andalan yang mampu menghasilkan omset cukup lumayan. Agar kita tetap bisa eksis di tengah persaingan bisnis kue kering yang terhitung ketat, ada tips yang perlu diperhatikan oleh Cookealuv tentang bagaimana caranya menjalankan usaha kue kering. Apa sajakah? Mari kita ulas bersama.

usaha kue kering untuk pemula


1. Memahami Ilmu Membuat Kue Kering

Memahami tentang ilmu membuat kue kering tentu saja mutlak diperlukan jika kita ingin memulai usaha kue kering rumahan, apalagi jika diniatkan ingin memproduksi sendiri. Lebih menjanjikan lagi  jika kita memiliki resep turun temurun yang sudah dipercaya oleh banyak orang memiliki cita rasa di atas rata-rata kue kering pada umumnya. 

Selain menguasai ilmu cara membuat kue kering, tentu saja kita juga perlu membekali diri dengan pengetahuan apa saja nama-nama kue kering yang banyak beredar di pasaran. Baik yang banyak diminati maupun yang tidak terlalu banyak peminatnya.

Mengambil kue kering dari pengusaha kue kering terdekat dari tempat tinggal kita merupakan alternatif pilihan jika kita belum memiliki keberanian atau rasa percaya diri untuk memulai usaha kue kering rumahan dengan cara membuat sendiri aneka kue kering yang hendak dipasarkan.

Kita bisa mengambil jenis usaha kue kering kiloan atau usaha kue kering rumahan dalam bentuk eceran pertoples. Biasanya usaha kue kering rumahan yang dijual pertoples banyak peminatnya, begitu pun dengan usaha kue kering kiloan, juga sama tidak sepi peminat. Tergantung target pasar yang dituju.

2. Membidik Target Pasar yang Tepat

Langkah memulai bisnis kue kering selanjutnya adalah mampu membidik target pasar yang tepat. Menurut Chef Yongki Gunawan yang sudah puluhan tahun malang melintang di dunia baking, ada baiknya jika kita memilih target dalam memasarkan kue kering untuk kaum menengah ke atas.

Kenapa target pasarnya untuk kalangan menengah ke atas? Karena biasanya kaum menengah ke atas terdiri dari orang-orang yang sibuk bekerja dan memiliki rutinitas yang padat sehingga cenderung tidak memiliki waktu untuk membuat kue kering sendiri di rumah, dan akhirnya memilih jalan praktis untuk membeli saja.

Untuk itu kita harus mampu menciptakan kue kering dengan rasa yang premium dan diolah dari bahan-bahan yang premium juga, sehingga bisa memberikan kepuasan pelanggan lewat cita rasa yang premium. Biasanya kue kering premium mengandalkan bahan yang premium dari sisi butter, margarin, telur serta tepung dan condimen lainnya.

3. Inovasi Membuat Kue Kering

Meskipun dari tahun ke tahun jenis kue kering yang tidak sepi peminat dimenangkan oleh kasta kastangel, nastar, lidah kucing dan putri salju, tidak ada salahnya jika kita membekali diri dengan keterampilan membuat jenis kue kering yang lainnya, seperti palm cheese cookies yang dalam dekade terakhir juga banyak peminatnya.

Selera customer yang berbeda dan beragam membuat kita mau nggak mau harus terus meningkatkan skill dalam dunia perkuehan. BUkan hanya jenisnya tapi juga bentuk dan tampilannya harus ada inovasi biar tidak bosan.

4. Memberi Kemasan yang Menarik

Setelah kita menguasai hal di atas, langkah memulai bisnis kue kering selanjutnya adalah mengemasnya dalam bentuk yang aesthetic dan menarik sehingga customer suka dengan tampilan yang disajikan. Kemasan yang aesthetic bisa fleksibel kebermanfaatannya, misalnya sebagai hantaran kepada teman, kerabat mertua atau juga orang tua cukup pantas.

usaha kue kering rumahan

5. Jujur dan tidak Curang

Bagaimana cara menjalankan usaha kue kering selanjutnya tentu saja harus dilandasi dengan kejujuran dan tidak curang. Bisa dibilang ini merupakan modal usaha kue kering yang tidak boleh luput. Karena kejujuran dan tidak berbuat curang sebagai bentuk menanamkan rasa percaya pada customer, yang akan menjadikan customer tidak lari ke produsesn lain.

6. Menjual dengan Konsinyasi

Jika baru pertama kali menjalankan usaha kue kering biasanya dilanda bingung bagaimana cara memasarkannya. nah Cookealuv bisa saja menjual dengan sistem konsinyasi, yaitu dengan cara menitipkan kue kering kita ke warung atau toko terdekat yang bisa diajak bekerjasama dengan perjanjian bagi hasil yang sesuai dengan kesepakatan. 

7. Tawarkan Lewat Medsos

Cara memasarkan bentuk yang lainnya dalam usaha kue kering untuk pemula adalah dengan cara menjual kue kering online, yaitu menawarkannya lewat media sosial. Biasanya whatsApp menjadi alternatif pilihan pertama sebagai media promosi.

Kenapa? Karena WhatsApp biasanya diisi oleh orang-orang yang notabene kenal dengan kita, karena mengetahui nomer kita dan menyimpannya dalam list kontak. Hal ini terhitung teknik pemasaran yang jitu bagi usaha kue kering untuk pemula dibanding menawarkan lewat media sosial lainnya seperti instagram atau facebook.

Kue kering adalah sejenis kue yang mudah hancur. Hal ini yang menjadikan salah satu diantara kelebihan dan kekurangan usaha kue kering.  Biasanya bagi pegusaha kue kering pemula belum memiliki alat untuk menghandle keadaan ini. Kecuali jika sudah mengetahui strategi jitu untuk mencegah kerusakan yang parah, silahkan saja melayani customer yang jangkauannya lebih luas. Nah, facebook dan instagram bisa dijadikan media sebagai cara jual kue kering secara online.

8. Buat Tester

Untuk membangun kepercayaan customer, ada baiknya kita membuat tester setiap jenis kue kering yang akan kita pasarkan, agar para konsumen memiliki keyakinan terhadap kualitas dan rasa kue kering yang akan dibeli. 

Tester yang sudah kita buat bisa dibawa saat ada kumpul-kumpul bareng teman, arisan atau mungkin di acara reunian. Bahkan bisa juga di acara pengajian.

Jangan takut rugi, jadikan ini merupakan bagian dari modal usaha kue kering. Membangun kepercayaan merupakan hal yang perlu dibina dan dijaga. JIka orang telah puas dan percaya dengan produk kita, maka biasanya akan sulit berpaling ke produk lain.

9. Posting Testimoni yang Diberikan

Setelah membuat tester dan meminta orang-orang untuk mencicipinya, jangan sungkan untuk menanyakan rasa, apakah mereka suka? Jangan malu dan ragu untuk melakukan ini. Anggap saja ini survei awal yang bisa dijadikan acuan bagi kita dalam menjaga kualitas rasa dari produk kue kering kita.

Setelah mengetahui testimoni mereka, posting testimoni positif yang diberikan. Untuk testimoni  berupa masukan-masukan tentang kekurangan produk kue kering kita, dengan ikhlas harus menerima dan kita  perhatikan untuk perbaikan ke depannya. Ingat Konsumen adalah raja!

Salah satu alasan memilih usaha kue kering, pastinya dilandaskan dengan hobi dalam membuat dan mengkreasikan aneka jenis kue kering, sehingga jika ada masukan yang mendorong ke arah positif pastinya dengan senang hati akan diulik kue kering tersebut baik dari segi rasa maupun bentuk dan juga hal lainnya.

10. Buat Promo Paket

Promo paket atau harga bundling perlu juga dilakukan sebagai daya tarik dalam sistem pemasaran yang dilakukan. Namanya ibu-ibu, uang seribu juga seringnya dihitung, lho. Dapat harga lebih murah sedikit saja pasti sudah sangat senang. 

Untuk itu gunakan sistem bundling atau paket, misalnya dengan menawarkan "gratis satu toples kue kering sesuai pilihan jika melakukan pembelian 6 toples kue kering" (Selama persediaan masih ada boleh memilih jenis kue kering yang disuka). Bisa juga dengan promo beli tiga produk dapat potongan harga, dan lainnya.

11. Survei Harga

Survei harga juga harus dilakukan. Jangan sampai buat kita yang masih menjalankan usaha kue kering pemula membandrol harga kue kering di atas harga rata-rata di kelasnya.

Kalau bisa dalam menjalankan usaha yang baru, di awal pelabelan harga harus di bawah harga pasar demi menarik banyak customer. Sehingga selain rasa dan kualitas yang premium, harga juga bisa diperhatikan dari para pesaing bisnis yang sama.

12. Foto Produk yang Menarik

Salah satu alasan memilih usaha kue kering harus didasarkan rasa cinta, agar tidak cepat menyerah dalam menjalaninya. Setelah semuanya dipelajari dan dijalani, sebagai pelengkap pemasaran dan juga tak kalah penting adalah membuat foto produk yang menarik. 

Jika tidak memiliki budget khusus untuk menggunakan jasa food photografi kita bisa mempelajarinya secara otodidak dengan cara melihat di Instagram, Tiktok atau Youtube pada akun yang memposting aneka food photografi.

Perhatikan bagaimana cara mereka meletakkan prop penunjang yang membantu keindahan dan komposisi letak produk sehingga tercipta keharmonisan. 

13. Doa

The last but not least bahkan sangat penting, adalah berdo'a. Lengkapi segala sesuatu yang tengah kita usahakan dengan do'a yang dipanjatkan kepada Allah sang Robb pencipta, agar segala yang kita usahakan mendapatkan berkah diberi kelancaran, dan terus diberikan bimbingan jika bertemu dengan aral dan rintangan.

Kekuatan Tuhan di atas segalanya. Tuhan yang paling menentukan keberhasilan usaha kita setelah kita mengusahakannya dengan cara bersungguh-sungguh.

Menentukan Harga Jual dan Modal Usaha Kue Kering

Elemen apa saja yang harus diperhitungkan dalam menentukan harga agar modal usaha kue kering yang kita usahakan bisa meraup keuntungan, sehingga dari hasil bisnis usaha kue kering rumahan ini bisa membahagiakan hati, bukan merisaukan hati.

Jangan sampai modal usaha kue kering yang sudah kita investasikan malah tidak menghasilkan. Yuk langsung kita ulas apa saja elemen yang harus kita hitung.

1. Tenaga yang digunakan diberi kompensasi 15 - 25 % dari bahan modal bahan baku usaha kering rumahan.

2. Biaya operasional adalah 10 - 20 % dari modal bahan baku usaha kue kering rumahan.

3. Biaya resiko dihitung sekitar 10% dari modal bahan baku usaha kue kering rumahan. Ini untuk memperhitungkan agar tidak mengalami kerugian jika terjadi busuk, gosong, atau pun gagal.

4. Keuntungan yang diambil bisa 30 - 50 % dari modal bahan baku yang digunakan.

5. Biaya marketing bisa diambil 10 - 50 % dari bahan baku pembuatan kue kering.

Tips usaha kue kering untuk pemula di atas semoga bisa dijadikan pedoman buat Cookealuv yang tertarik untuk memulai usaha kue kering rumahan.

cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar