Nasi Goreng Kencur, Syedapnya minta ampun

2 komentar

Happy All Day Cookealuv...

Pagi ini tetiba sir kepingin banget ngerasain nasi tutug oncom yang bertabur daun kemangi plus teri balado, hhmm,...nulisnya aja sambil nelen liur ini. Berhubung hujan seharian dan hari ini jadwal ngajar full dari pagi sampai sore. Otak jadi meng-ide bikin panganan yang simpel tapi rasa hampir sama. Subtitute nasi tutug oncom. Yaks...Nasi goreng kencur.

Nasi Goreng Kencur ala Nasi Tutug Oncom

Eh, iya, sebelum lanjut cerita, ngomong-ngomong cookealuv tahu, kan,  nasi tutug oncom itu apa? Nasi tutug oncom ini sejenis masakan sunda, berupa nasi yang dicampur dengan oseng oncom plus teri goreng dan dibungkus pakai daun.

Campuran lauk dalam nasi tutug oncom, sebenarnya bisa macam-macam ditambahkan sesuai selera, Misalnya pakai cumi asin, udang rebon atau pindang tongkol, plus irisan cabai jika menyukai pedas dan petai serta daun kemangi. 

Nasi tutug oncom penyajiannya dibungkus pakai daun selayaknya makanan berjenis pepes-pepesan, lalu dibakar di atas bara api, biar aroma nasi bertambah wangi aroma daun pisang juga ada hints aroma bakarnya. Lebih enak lagi jika membakarnya menggunakan arang. 

Nanti kapan-kapan  kalo sempat, saya bikin nasi tutug oncom, dan share resepnya di sini, deh, spesial khusus untuk Cookealuv. nasi tutug oncom ini pas banget kalo dimakan pake sayur asem tentunya.

Dari pada keinginan tak kesampaian, akhirnya mencoba ngulik sendiri dengan bahan seadanya di rumah, karena malas juga kalo harus pergi ke pasar dulu, sementara perut sudah keburu lafar, hehe.

Akhirnya dari bahan seadanya hadirlah nasi bakar yang disajikan ala-ala nasi goreng. Tidak terlalu kumplit memang, tapi cukup memuaskan rasa ngidam nasi bakar pagi ini. 

Resep Nasi Goreng Kencur Sedap

Keunikan rasanya lagi-lagi muncul dari tambahan terasi dan kencur plus daun jeruk (hadeeh dasar orang Sunda, sagala teh dipakean kencur sama terasi. Barangkali saja keisengan saya ini bisa menjadi ide masak cookealuv untuk sarapan besok, check it out, resepnya, yaa. 

nasi goreng kencur

Resep Nasi Goreng Kencur

By: Cookeatta

Bahan Nasi Goreng Kencur

  • 3 butir bawang merah
  • 5 butir bawang putih
  • 7 buah cabai wawit
  • 1/2 terasi (merk juex bentuknya lingkaran saya pakai setengahnya)
  • 5 buah kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • Nasi secukupnya. saya pakai sekitar 3 porsi nasi.

Cara Membuat Nasi Goreng Kencur:

  • Haluskan semua bumbu
  • Lalu tumis menggunakan minyak panas sampai harum
  • Masukkan nasi, tambahkan garam dan penyedap jika suka aduk sampai rata, seusaikan rasa.
  • Jika teman-teman suka agak manis bisa juga ditambahkan kecap.
  • Udah, deh. Siap disajikan.  Gampang bangets, khan?!

 

olahan nasi

Nah tampilannya seperti ini, nih kreasi nasi goreng, sarapan saya pagi ini. Sederhana, kan? dinikmati dengan tambahan lauk yang sederhana, seadanya, yang penting kerupuk jangan ketinggalan, udah mantep banget, dah kalo dipadanin sama nasi goreng.

Jujurly, ini tuh uenak banget, lebih tepatnya syedep, kalo kata orang sunda bilang, karena tambahan terasi, kencur dan daun jeruknya, bikin aroma nasi goreng ini berbeda dari nasi goreng yang biasa dibuat. Buat tambahan referensi olahan nasi.

Buat saya masakan yang ditambah kencur dan terasi bikin selera makan jadi nambah-nambah, sama halnya sayur lodeh, ditambah terasi dan kencur jadi tambah nikmat.

Cookealuv bisa coba di rumah, karena bahannya super gampang. Bahan-bahan ini biasanya selalu tersedia di rumah, karena bumbunya biasa kita gunakan dalam menu sehari-hari. Resep olahan nasi biasanya memang jadi andalan sarapan yang mudah namun mengenyangkan.

Jika cookealuv terbiasa juga bikin nasi goreng kencur ini, tos dulu atuh. Berarti kita punya selera yang sama. Kalo belum pernah, bisa jadi menu yang nampilin rasa baru di lidah, kan ya.

Bisa di-Share, dunk menu sarapan apa yang biasa teman-teman buat di rumah, supaya ada inspirasi menu baru buat saya. Ditunggu di kolom komentar, ya, ide-idenya. Trimakasih untuk kunjungannya. Happy cooking.

cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

2 komentar

  1. Baru kali ini saya mendengar nasi goreng kencur. Jadi penasaran dengan rasanya. Patut dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung eksekusi besok, ka, gampang dan cepat bikinnya.

      Hapus

Posting Komentar