Sedapnya Makan Pecak Bandeng Bikin Naikiin Mood

2 komentar

pecak bandeng


Makan pecak bandeng sawah luhur. Hmmm tetiba kepikiran pingin banget makan makanan yang satu ini. Setelah seminggu ini dikejar-kejar deadline yang berderet.

Pagi ini bangun dengan sedikit agak lesu, kepala agak sedikit tuing-tuing karena habis kejar deadline tugas kelas kepenulisan, tugas perkuliahan dan beberapa yang lainnya. Sepekan ini memang berasa hectic banget. Jadi berasa ingin makan yang segar-segar.

saya rasa makan pecak bandeng yang terdekat dari rumah perlu banget dijabanin, meski tidak harus makan sate bandeng sawah luhur.

Alhamdulillah ketemu hari  minggu, jadi bisa sedikit rada nyantai, walau sebenarnya kerjaan lain masih menunggu antrian, minta dijamah juga. But, sudahlah, kita lupakan dulu sejenakpekerjaan, healing dulu kalau kata anak muda zaman sekarang. 

Sedapnya Makan Pecak Bandeng Bikin Naikin Mood

Saking letihnya, bangun tidur pagi ini langsung ngebayangin yang enak-enak, dan yang bikin happy, biar otak ga terlalu tegang dan sedikit relaks. Makan pecak bandeng kayanya enak, nih, pas banget buat badan yang lagi lesu sekalian bisa juga buat naikin mood.

Setelah makan pecak bandeng boleh juga berlanjut ke durian jatohan Haji Arief. Segar banget kayanya. Healing memang bisa dilakuakn dengan aneka hal.

Terbayang segarnya irisan jeruk dan sambal aroma terasi khas pecak bandeng sawah luhur, plus aroma arang hasil bandeng yang dibakar dengan arang. Buatku aroma arang dalam bakaran di aneka makanan sangat menggugah selera.

Slurrp....ah, tuh, khaaaan, jadi laper. Apalagi jika dilengkapi dengan sayur asam yang asamnya pas, atau bisa juga dengan sayur lodeh yang santannya tidak terlalu kental. Pas banget. 

pecak bandeng

Membujuk Si Dia Jajan Pecak Bandeng Khas Banten

Harus coba bujuk paksu, nih, buat hiburan sejenak, jalan-jalan tipis-tipis saja, engga usah yang jauh-jauh. Healing makan pecak bandeng khas Bantennya nggak usah jauh jauh ke sawahluhur, cukup daerah Serang saja. 

di Sawah luhur warung pecak bandeng banyak berderet di berderet sepanjang jalan,sampai bingung mau masuk ke rumah makan pecak bandeng yangmana. sebenarnya tematnya tidak terlalujauh dari rumah  Sekitar 50 km, dalam hitungan 1 jam saja sudah sampai di lokasi  ini. 

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Baru saja berniat ingin membujuk Pak Su buat jalan-jalan cari udara segar, tetiba nongol di depan pintu kamar, kepalanya menyembul sambil berujar.

"Mi, ke Serang, yuk, ada urusan sedikit"

"Hari libur gini masih kerja juga, kah?" Menimpali, dengan pura-pura jual mahal, mau-mau tapi gengsi, haha.

"Siap-siap, ya!" Paksu kasih instruksi.

"Okay, siap bos, laksanakan" Bergegas beranjak dan langsung berkemas. Mandi, berias, dan dalam 30 menit wujudku tlah berubah menjadi sedap dipandang,  siap buat berangkat jalan. Yeaaay, senangnya hatikuu, haha. Macam nak kanak saja, mo jalan riangnya bukan kepalang. Pecak bandeng khas Banten sudah mulai terbayang di pelupuk mata.

Di tengah jalan aku merajuk pada sang kanda untuk mampir di warung pecak bandeng, seandainya kandaku berkenan, sudilah jika dia pingin mengantarkan dindanya ini ke sawah luhur, tempat warung pecak bandeng berderet ramai.

Lagi-lagi terbayang sekelebatan aroma pecak bandeng. tapi sayangnya sang kanda tak ingin bergerak sampai ke sawah luhur, cukup di Serang kota saja katanya. Sudah banyak bertebaran dimana-mana warung pecak bandeng yang enak,cabang-cabang dari sawah luhur.

pecak bandeng

Makanan olahan ikan ini memang banyak peminatnya. Dahulu memang hanya ada beberapa saja warung pecak bandeng di daerah Serang kota. Namun akhir-akhir ini sudah mulai menjamur, Di Setiap sudut kota Serang bisa dijumpai warung pecak bandeng.

Rasanya pun beraneka ragam. Ada yang dominan, asin, dominan manis, dominan pedasnya yang sangat luar biasa, dan ada juga yang pedasnya sedang saja. Pecak bandeng pas untuk dijadikan kuliner favorit untuk para turis lokal ketika singgah ke Serang.

Bukan bandeng saja yang bisa dipecak, beberapa lauk lainnya pun sebenarnya bisa kita buat pecak, dengan memegang kaidah dasar (bumbu pecak). Teman-teman bisa membuat pecak tempe, pecak tahu, pecak ayam, pecak telur, pecak belut, dan lainnya.

Jika cookealuv sempat datang ke Serang, beberapa warung pecak bandeng yang bisa disinggahi diantaranya:

Pecak Bandeng Maren

Salah satu Tempat Favorit dan banyak pengunjungnya adalah warung pecak bandeng Maren, letaknya tak jauh dari Stasiun Serang. Sayur Asamnya pas di lidahku, karena kebanyakan yang aku jumpai, sayur asam hasil olahan resto banyak yang tak berkenan di lidah. 

Entah airnya yang terlalu plain, atau jenis sayurannya yang hanya sedikit sekali diberikan. Nah di warung pecak bandeng khas Banten Maren ini, semuanya pas, sayurannya pun padat.

Pecak Bandeng Tanpa Duri

Nah kalo yang ini sudah siap santap, durinya sudah lunak karena ikan bandengnya sudah dipresto. namun tempatnya aga jauh, bukan di Serang kota, sudah hampir masuk wilayah Cilegon. Di beberapa warung pecak bandeng sebenarnya sudah tersedia juga pecak bandeng duri lunak, namun belum sefamiliar tempat ini. Duri lunak yang familiar adalah pecak bandeng Cilegon.

Pecak Bandeng Mang Edo


pecak bandeng

Nah yang terakhir ini adalah warung pecak bandeng yang aku kunjungi saat ini. di warung ini selain pecak bandeng tersedia juga jenis ikan lainnya. Harganya terbilang sangat terjangkau, karena harga pecak bandeng yang biasa saya konsumsi di bandrol rerata di atas 30 ribu.

pecak bandeng

Gak jadi ke sawah luhur Mang edo pun jadi. Rasanya not bad, lumayan, lah, ya, cuma kalo menurutku agak sedikit kemanisan. Namun, aroma bakaran arangnya benar-benar kerasa. Ini yang jadi nilai lebih dan mencuri hati dari warung pecak bandeng Serang Mang Edo.

Warung pecak bandeng Mang Edo ini menyediakan porsi paket lengkap yang dibandrol dengan harga 22.000 rupiah saja, sudah lengkap dengan es teh manis, sayur asam tempe/tahu, serta lalapan.

Resep Pecak Bandeng

Setiap warung pecak bandeng mempunyai ciri khas tersendiri dalam menyajikannya. Beberapa warung pecak bandeng yang pernah saya singgahi menambahkan kencur pada sambal pecaknya. Biasanya pecak bandeng khas banten memiliki sedikit perbedaan dengan pecak bandeng khas betawi.

Ada juga yang dominan dengan aroma terasinya. Bahkan juga ada yang menambahkan buah honje, sehingga menambah aroma keharuman sambal pecak bandeng yang semakin menggoda.

Namun dengan berbagai model sambal pecak yang disuguhkan ada bahan inti yang tidak mungkin diabaikan pada setiap bumbu sambal pecak, baik pecak bandeng, pecak ayam dan pecak lainnya.

Bumbu Sambal Pecak Bandeng

Bahan inti dari bumbu pecak bandeng diantaranya, cabai, bawang merah, terasi, dan tomat serta jeruk, bisa menggunakan jeruk nipis, jeruk peras, maupun jeruk limau.

Adapun proses pengolahannya, ada yang direbus terlebih dahulu, digoreng,  atau bahkan mentah saja, setelah itu disiram dengan minyak panas. Teman-teman bisa mengeksplor sendiri di rumah, jika ingin mencoba  resep sambal pecak bandeng ini.

Adapun cara pengolahan bandengnya, ada yang dibumbui dengan bumbu rendaman dan langsung dibakar, dan ada yang dibumbui bumbu perendam, lalu dipresto kemudian selanjutnya dibakar dengan arang, agar mendapatkan aroma arang bakar yang menambah sedap pecak bandengnya.

Demikian resep pecak bandeng yang saya dapatkan dari learning by eksperience dan berbagai referensi. Selamat beresksperimen. Saya senang sekali lho trial and error resep-resep aneka masakan.

Setelah melakukan beberapa kali percobaan, akhirnya menemukan cara yang paling cocok buat lidah saya dan keluarga. Cookealuv juga bisa melakukan percobaan di rumah sampai menemukan racikan yang sesuai dengan selera keluarga.

Jika Ke Serang jangan Lupa Makan Pecak Bandeng

Buat Cookealuv  yang sempat singgah di Serang, jangan lupa cicipi pecak bandeng makanan khas daerah Serang ini.  Bisa dicoba beberapa warung pecak bandeng yang saya ceritakan di atas. Pecak bandeng khas sunda ini banyak disukai banyak kalangan.

Jika ingin mencoba dengan ragam pilihan rasa dan suasana tempat yang bervariasi, Cookealuv bisa mampir di daerah  sawah luhur. Selain bisa mencicipi segarnya pecak bandeng, juga bisa menikmati semilir angin laut yang bikin mood jadi naik, atau juga bisa langsung menyaksikan tambak-tambak ikan bandeng yang banyak tersebar. Selamat bersafari rasa. Salam kuliner.





cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

2 komentar

  1. Sebagai penyuka ikan, menu ini duet maut. Kebayang lezatosnya ya, mba? Oiya, salam kenal dari Bogor.

    BalasHapus
  2. Salam kenal Mba Ratna perlu dicoba memang menu duet maut ini, kapan2 singgah ke Serang mba...:3

    BalasHapus

Posting Komentar