Resep Prol Tape Mudah dan lezat

2 komentar
prol tape

Resep prol tape keju merupakan camilan favorit keluarga dan bisa dinikmati oleh segala macam usia. Jenis kue ini proses memasaknya bisa dipanggang ataupun dikukus. Jika Cookeats senang dengan kue yang memiliki khas aroma bakar bisa memilih dengan metode memanggang menggunakan oven.

Jika menyenangi kue yang lebih bertekstur lembut, bisa dengan cara mengukusnya. Keduanya sama-sama enak, bisa disesuaikan dengan selera. Namun, saya pribadi lebih menyukai jenis prol tape panggang dibanding proll tape kukus. Aroma bakar yang menguar dari kue ini menambah cita rasa.

Prol tape yang diberi taburan keju di atasnya, jika terkena panggangan api, akan mengeluarkan aroma yang benar-benar menggugah selera. Aroma keju bakar bikin perut lapar. Hhmm...

Sejarah Prol Tape

Konon kue ini adalah peninggalan Belanda yang mulai ngehits di era tahun 2000-an. Kue legend ini kini menjadi oleh-oleh khas dari Jember, untuk itu belum afdhol rasanya jika datang ke Jember, belum icip-icip kue prol tape ini.

Dengan beraneka rasa yang bisa difariasikan dengan farian prol tape keju, prol tape coklat, prol tape kismis, bahkan saat ini sudah ada prol tape pandan. Dunia kuliner memang sangat cepat perkembangannya.

Konon dinamakan prol tape, karena kelumeran kue ini ketika mendarat di atas lidah. Langsung prol alias hancur di mulut. kalo anak muda sekarang bilang, sih, pecah rasanya gengs...hehe.

Proll Tape antara Cake atau Puding

Proll tape ini kalo menurutku memiliki kedudukan di tengah-tengah antara cake dan puding. Jadi teman-teman jangan bingung jika mempraktikan membuat proll tape hasilnya tidak mengembang layaknya bolu.

Tekstur proll tape yang semi basah namun lembut ini jadi layaknya puding. This is one of my favorit cake. Enak, lembut, moist bikin nagih dan ga mau berhenti ngegigit. Rasanya gurih, manis, ada sedikit asemnya, jadi segar, kan, engga terlalu eneg, juga.

Penambahan santan pada kue ini menambah rasa gurih. Selain santan bisa juga ditambah dengan susu. Namun saya lebih menyenangi aroma santan dibanding susu. Cookeats bebas menentukan pilihan, pokoknya sesuai dengan selera ajah.

Hakikatnya makanan itu, kan, pelabuhan untuk mengantarkan lidah kita pada muara kecintaannya, hallah, hehe.jadi kalo sudah perkara lidah, carilah yang membuat lidah kita berbicara dan memberikan penilaian. Tidak melulu harus sesuai dengan selera orang atau selera keumuman.

proll tape

Resep Proll Tape Mudah dan Lezat

Resep proll tape sangat bermacam-macam,  mulai dari yang mudah ekonomis, sampai dengan rasa dan bahan yang premium. 

Makanan akan memberikan sentuhan rasa yang luar biasa jika dilengkapi dengan bahan yang istimewa, makin istimewa perlakuan dalam pembuatan sebuah makanan, maka citarasanya pun makin sitimewa. 

Resep proll tape yang kali ini akan saya sajikan adalah proll tape ekonomis. Dengan budget murah, Cookeats sudah bisa merasakan sensasi lembut dan moistnya proll tape.

Namun tetap ada tambahan kejunya, walau tidak terlalu banyak. Proll tape keju  merupakan the best ever proll tape. Yuk, langsung aja kita ekseskusi.

Proll Tape

By: Cookeatta

Bahan 1:

  • 500 gr tape yang kematangannya sedang. Tidak terlalu matang dan tidak teralalu mentah, karena akan mempengaruhi tekstur dan rasa dari prol tape.
  • 120 gr atau kurang lebih 3 sachet Susu kental manis.

Bahan 2:

  •  4 butir telur ukuran sedang
  • 100 gr gula pasir, bisa dikurangi jika tak suka terlalu manis, atau ditambah jika senang yang sangat manis, namun bagi saya takaran gula segini sudah sangat pas. Atau bisa  juga disesuaikan dengan jenis tape dan kematangan tape.

Bahan 3:

  • 100 g Tepung Terigu protein rendah\ sedang, biasa diistilahkan juga dengan terigu bergluten rendah atau sedang
  • 1\2 sdt garam sebagai penguat rasa agar kue rasanya lebih gurih.
  • 1\2 sdt vanila. Untuk jenis vanila teman-teman bisa memilih yang sesuai dengan selera. Saya biasa menggunakan vanila susu merk Larome. wanginya beraroma susu. Pokoknya enak banget kao menurutku. Semua kue jika ditambahkan vanila Larome, rasanya jadi terangkat lebih enak.

Bahan 4:

  • 150 ml santan kental. Bisa menggunakan santan hasil perasan sendiri atau menggunakan santan instan yang dicairkan dan takarannya dibuat menjadi 150 ml.
  • 100 gram  Margarin\butter yang dicairkan. Penggunaan butter akan menghasilkan cake yang lebih wangi.

Bahan 5 untuk topping

  • 80 gr Keju chedar diparut kasar panjang-panjang. Kalo menurut saya, pemakaian keju lebih diperbanyak membuat rasa akan lebih istimewa.

Bahan untuk membuat Olesan Carlo 

  • Olesan carlo ditujukan untuk mengoles loyang agar tidak lengket. jika tidak mau menggunakan olesan ini, Cookeats bisa mengalasi loyang dengan kertas roti, dengan terlebih dahulu mengolesi loyang dengan mentega, agar kertas roti stay di tempatnya, setelah itu hamparkan kertas roti sesuai dengan ukuran loyang.
  • Campran Carlo terdiri dari: 1 Sendok makan minyak, 1 Sendok makan margarin, 1 sendok makan terigu. Ketiga bahan ini diaduk sampai benar2 tercampur rata.

Cara Membuat

  • Lumatkan tape dan campur  bahan 1 dan aduk sampai rata, lalu sisihkan
  • Bahan 2 dikocok sampai dengan gula larut, lalu masukkan bahan 1, kembali aduk sampai tercampur rata.
  • Masukkan bahan 3, sebelumnya ayak dulu terigu agar tidak menggumpal. menggumpal, setelah itu aduk sampai benar2 tercampur rata.
  • Adonan Carlo digunakan sebagai olesan loyang agar tidak lengket.
  • kebetulan di sini saya membuat prol  tape menggunakan loyang dengan ukuran 20×20×4 tuang adonan kedalamnya, lalu ratakan.
  • Panaskan oven sekitar 10 menit dengan suhu 200'C. turunkan suhu sampai ke 180'C. Lalu masukkan loyang prol tape. Panggang selama  selama 20 menit. sebelumnya dengan suhu 180'C, api atas bawah. Panggang adonan 20 menit menggunakan api atas bawah, setelah itu keluarkan dri loyang, olesi permukaan adonan dengan kuning telur, lalu taburi keju dan kismis.
  • Setelah ditaburi keju, panggang kembali selama 20 menit menggunakan api atas bawah, lanjut 10 menit menggunakan api atas saja.Tes tusuk. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

***

kematangan ditunjukkan ketika kita menusuk adonan kue denagn batang apapun bisa digunakan, lidi, garpuh, tusuk sate, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas gimana cara pembuatannya, yuk pantengin vidionya !! Selamat mencoba,  lets make good food for good mood. Salam Kuliner, salam bahagia.



cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar