Pastel Kentang Tutup

Posting Komentar

 Hai Cookealuv

Assalaamu'alaykum ...

Pernah, nggak, ngalamin bosan makan nasi beserta lauk pauknya? Kalau aku, sih, iya banget. Kadang nggak mau nerima nasi. Makanya jadi suka cari-cari ide untuk bikin masakan model lain. Satu panganan tapi isinya sudah mengandung nutrisi yang lengkap.

Biasanya, kan, makanan non rice ini berasal dari negara bule sana, ya ...cuma nggak semua makanan bule juga aku suka. Terlintas deh, pingin bikin masakan yang berbahan dasar kentang. Pastel kentang tutup, jadi ide pertama yang muncul di kepala.

Konon asalnya pastel kentang tutup ini bahan penutupnya menggunakan kulit pie atau kulit puff pastry. Di Indonesia dimodif menggunakan kentang tumbuk. pastel kentang tutup ini dalam bahasa Inggris terkenal dengan sebutan casserole, sedangkan dalam bahasa Belanda disebut schotel.

Apapun namanya, makanan ini, tuh emang enak banget. makanya aku merasa cocok banget dengan panganan ini. One dish meal hidangan yang paripurna. Karbo masuk, protein ada, vitamin dan mineralnya juga tersedia.

pastel kentang tutup


Pakai Resep Pastel Tutup Sederhana Rasa Bintang Lima

Pastel kentang tutup ini banyak sekali jenis dan cara memasaknya. aku pakai teknik yang sederhana dan bahan yang sederhana juga. Apa yang ada di rumah, itu yang aku manfaatkan.

Aku pakai resep sederhana pastel kentang tutup. Nggak banyak pakai bahan yang mahal-mahal, dan teknik yang susah-susah. Proses bikinnya juga sat set, jadinya cepet. 

Namun, meski bahannya sederhana, tetap saja rasanya endul. Selain itu juga lebih ekonomis, dibanding kita harus memasan atau membeli di luar. Umumnya pastel kentang tutup satu loyang berukuran sedang dihargai sekitar 200 ribuan. Jika kita bikin sendiri, tentunya bisa bikin budget lebih minim, dong.

Sisa budget bisa ditabung buat beli panci aesthetic viral, hahah. Cookealuv, gitu, nggak, sih? Kalau aku jujurly, senang banget bisa beli peralatan dapur cantik dan sedap dipandang mata, biar masak makin mangaaaatz, Luv.

Kandungan Nutrisi Pastel Kentang Tutup

Selain enak, menu pastel kentang tutup ini juga kaya nutrisi. Sengaja banyak pakai sayuran dalam pastel kentang tutup, untuk menyempurnakan asupan nutrisi keluarga.

Karbohidrat didapat dari kentang dan soun, proteinnya dari keju, telur, dan daging ayam. Vitamin dan mineral didapatkan dari aneka sayuran seperti wortel, kol, jamur dan lainnya.

Cookealuv bisa mengganti dengan aneka sumber protein lainnya, seperti bakso, daging asap, daging sapi cincang, ataupun sea food. 

Dalam satu hidangan sudah mewakili semua kebutuhan nutrisi harian. Pastel kentang tutup ini juga banyak mengandung kalsium, yang didapatkan dari susu dan keju juga lainnya. 

Itulah kenapa, pastel kentang tutup disebut juga sebagai one dish meal. Paripurna! Dalam satu hidangan terdapat banyak manfaat. Menu 4 bintang sudah bisa ditemukan dalam satu hidangan. Bisa juga menjadi Makanan Pendamping ASI (MPASI) bagi si kecil,nih, mom.

resep pastel tutup ayam

Resep Pastel Kentang Tutup

Bahan kulit Pastel kentang Tutup:

500 gr kentang kukus

100 ml fresh milk

2 SDM margarin

1 butir kuning telur

keju parut secukupnya

garam, merica, kaldu bubuk, 

pala bubuk sesuai selera

resep pastel tuup



resep pastel tutup sederhana

Bahan Isi:

250 gr daging ayam giling

50 gr jamur kuping

2 buah Wortel potong dadu kecil

2 btg Daun bawang

Sedikit soun

resep pastel tutup tintin rayner


Bumbu Isian Pastel Kentang Tutup

3 siung bawang merah

7 siung bawang putih

1 buah bawang Bombay

Lada, pala, kaldu bubuk, garam, gula.

200 ml susu

3 SDM maizena

Cara Membuatnya bisa lihat video di bawah ini yaa...


Gampang, kan bikinnya? Selamat mencoba, ya Cookealuv. Semoga sukaaak....luv. E tapi kalo makan yang beginian itu tetap saja, ya, kalo buat orang Indonesia nggak bisa sering-sering. Makan sayur lodeh, sayur asem atau tempe oreg dan juga tongkol suwir, pasti lebih tidak membosankan, hehe.

cookeatta
I'm Not a Chef, Just an ordinary Mom Who serve food with love. Semua resep dalam blog ini adalah hasil kreasi melalui trial and error di dapur cookeatta. Terimakasih untuk kunjungannya. Have a joy!!

Related Posts

Posting Komentar